Membuat kecambah untuk dongkrak stamina lovebird

1/30/2015
Salah satu pakan utama untuk lovebird adalah biji-bijian, namun selain diberikan dalam bentuk mentah ada cara lain yang terbukti sangat bermanfaat dan baik untuk perkembangan burung yaitu membuat biji-biji tersebut mengeluarkan kecambahnya. Biji berkecambah sangat disukai oleh lovebird dan burung parrot pada umumnya, selain memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya dari biji mentah, pakan ini pun bisa mendongkrak stamina burung dengan cepat.  

mendongkrak stamina burung


Berikut bagaimana membuat pakan kecambah untuk mendongkrak stamina burung.

Untuk membuat kecambah, anda bisa menggunakan pakan biji-bijian yang biasa diberikan pada burung, misalnya canary seed, milet, atau biji matahari (kuaci).
 

1. Bilas dan bersihkan biji dengan menggunakan air bersih, setelah itu masukan biji dalam wadah atau toples lalu rendam dengan air hangat untuk waktu kurang lebih 6 jam. 


 
2.  Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih (bisa menggunakan air dingin), setelah selesai dibilas simpan biji dan diamkan selama beberapa jam sampai muncul kecambah. 



3.  Setelah akar kecambah mulai tampak, bilas lagi dengan air bersih lalu rendam alam air selama 10 menit, setelah itu kuras air, lalu simpan biji-bijian terseut selama 24 jam.


























4. Setelah biji-bijian tersebut mulai keluar kecambahnya, maka pakan tersebur harus segera diberikan pada burung. Karena pada kondisi tersebut kecambah memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Untuk hasil yang baik, berikan pakan tersebut pada burung sebelum biji yang mengeluarkan kecambah itu berubah menjadi akar.
 

Semoga manfaat

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close