Membuat tepung belalang untuk burung kicauan

1/04/2015
Belalang dikenal memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari jangkrik. Bahkan sudah lama belalang diberikan sebagai pakan tambahan alternatif untuk burung peliharaan ketika kita sulit mendapatkan jangkrik di pasaran. Kalau biasanya belalang diberikan dalam bentuk serangga hidup, kali ini kita akan membuat tepung belalang, selain bisa membuat pakan lebih awet, juga bisa diberikan untuk semua jenis burung kicauan. 





Bahan yang dibutuhkan adalah belalalang hijau. Sekarang belalang hijau bisa dengan mudah didapatkan di pasar-pasar burung atau pasar tradisional yang biasanya menjualnya sebagai makanan dalam bentuk kering.

Sebelum dibuat menjadi tepung, belalang terlebih dahulu direndam dalam air panas untuk membunuh bakteri atau cacing yang menginfeksi belalang tersebut, setelah beberapa lama kemudian baru diangkat dan ditiriskan. 



Setelah kering, belalang diletakkan dalam wadah lalu dikeringkan dalam oven suhu tinggi selama beberapa menit. (sampai belalang jadi kering tapi tidak hangus, untuk itu anda harus memeriksanya setiap saat). 


Setelah dirasa cukup kering, belalang dimasukkan dalam blender, lalu digiling hingga menjadi tepung. 




Tepung belalang yang sudah jadi kemudian disimpan dalam toples tertutup, lalu disimpan dalam lemari penyimpanan makanan atau lemari pendingin. 

 
Tepung belalang pun sudah siap diberikan pada burung peliharaan. 


Bagaimana, mudahkan? 


Sumber foto: Beijing Birds Society (BBS.1888.COM)
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus