Para ilmuwan ungkap bagaimana suara kicauan burung yang mabuk

1/01/2015
Minuman beralkohol bisa membuat orang yang meminumnya akan jadi mabuk atau teler, dan biasanya pula orang mabuk akan bicara dengan tidak lancar atau 'mbalelol'. Namun penelitian terbaru ternyata menyebut kalau burung pun bisa memiliki perilaku 'mbalelol' tersebut ketika diberi makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Dalam hal ini, burung mabuk akan tidak akan mampu berkicau seperti biasanya, bahkan cenderung dengan suara yang tidak jelas atau mbalelol.  




Christopher Olson dari Oregon Health and Science University bersama rekan peneliti yang lain melakukan percobaan dengan memberikan minuman yang mengandung kadar alkohol 6 % kepada sekelompok burung pipit zebra (zebra finch). Hasilnya, burung pipit zebra yang mengkonsumsi minuman tersebut ternyata mengalami peningkatan ethanol dalam darah mereka secara signifikan.

Secara rata-rata, burung masih bisa bertahan ketika tingkat alkohol dalam darah hanya 0,04, namun tingkat alkohol dalam darah mereka mencapai 0,05 - 0,08 persen maka burung tersebut akan mengalami mabuk, meski dalam kondisi mabuk tersebut namun mereka tidak mengantuk atau kehilangan kemampuan untuk terbang, namun terjadi perubahan dalam cara mereka bernyanyi.


Di alam liar, burung yang mengkonsumsi buah berry yang terfermentasi pun bisa mengalami efek mabuk namun dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa dalam kondisi di bawah pengaruh alkohol, ternyata burung akan berkicau dengan tidak jelas atau 'mbalelol'.
 

Menanggapi hal tersebut, Dr Olsen mengatakan: "Burung-burung menjadi sedikit kurang terorganisir dalam memproduksi suara mereka,". Hal tersebut tak jauh bedanya dengan ketika orang yang sedang mabuk di ajak bicara. 

Dalam proyek penelitian mereka berikutnya, Dr Olson tak hanya ingin mengetahui seperti apa pengaruh alkohol pada cara burung bernyanyi, namun juga terhadap bagaimana merea bisa mempelajari lagu-lagu baru dalam kondisi di bawah pengaruh alkohol.
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close