Poksai samho yang hilang ditelan zaman

1/10/2015
Tidak banyak orang yang mengenal jenis burung ini. Selain keberadaannya kini sudah sulit ditemukan, spesies burung ini pun hanya dikenal oleh kicaumania keluaran tahun 90-an (hehehe). Mereka yang pernah memelihara burung sejak tahun 90-an pasti tahu apa itu burung samho. 



Samho adalah jenis burung kicauan yang termasuk keluarga poksai, suara kicauannya dahulu pernah meramaikan kancah perburungan di Indonesia. Tapi kini poksai impor ini bisa dibilang telah hilang ditelan zaman, keberadaannya hingga kini cukup sulit ditemukan, terlebih spesies burung ini bukan merupakan jenis burung yang memiliki penyebaran di Indonesia. 

Poksay samho adalah spesies burung dari keluarga  Leiothrichdae yang memiliki penyebaran di China dan Taiwan. Ada dua macam jenis burung ini yaitu, Buffy laughingthrush (Garrulax berthemyi) yang dikenal sebagai samho China lantaran hanya ditemukan di China, dan Rusty laughingthrush (Garrulax poecilorhynchus) yang dikenal juga sebagai samho Taiwan karena hanya ditemukan di Taiwan. 

Rusty laughingthrush (Garrulax poecilorhynchus)
 
Buffy laughingthrush (Garrulax berthemyi)


Kedua spesies burung samho ini mempunyai penampilan yang sama mirip, dan perbedaannya hanya bisa dilihat dari kecerahan wanrna yang terdapat pada bagian sayap dan tubuh bagian bawahnya saja. 

Seperti juga poksay hongkong, samho pun memiliki gaya menari yang khas. Ketika bertemu burung sejenis mereka akan bernyanyi sambl menggerak-gerakkan kedua sayapnya. 

Seperti apa suara kicauan burung samho ini, mari kita dengarkan suaranya berikut ini: 

Suara burung samho





Salam Kicau!
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus