Rawatan untuk burung yang baru datang

1/09/2015
Salah satu hal yang sering dialami oleh seorang penggemar burung yang baru saja membeli burung kicauan adalah burung yang tidak mau berbunyi, padahal menurutnya burung tersebut tampak rajin berbunyi di tempat asalnya. Alhasil, rasa galau pun muncul berbarengan dengan pikiran buruk mengenai burung yang baru dibelinya itu. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan burung tersebut, hanya saja di sini yang kita butuhkan adalah kesabaran kita untuk tidak berusaha membuat bunyi burung yang baru pertama kalinya di tempat kita.



Burung kicauan yang baru pertama kali didapatkan, meski sudah berada dalam kondisi rajin bunyi alias gacor, sebaiknya memang diberikan kesempatan untuk beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya itu. Apalagi jika disertai dengan penggantian sangkar atau tenggerannya dengan yang baru. Untuk itu, beberapa tips berikut bisa anda lakukan sebagai upaya memberikan pengenalan / adaptasi dengan lingkungan barunya.

1. Simpan di tempat tenang
Ketika pertama kali burung datang, sebaiknya selama beberapa hari burung tersebut disimpan di tempat yang tenang dan jauh dari burung sejenis atau burung kicauan lain yang mempunyai suara cukup kencang. Biarkan dahulu burung tersebut hanya mendengarkan suara kicauan dari burung peliharaan lain yang kita miliki, sehingga dengan begitu burung tersebut akan jadi terbiasa dengan ramainya suara burung yang ada di rumah kita. 
Setelah beberapa hari kemudian, barulah burung tersebut kita tempatkan di tempat yang kita inginkan. 


2. Jangan paksakan untuk berbunyi
Burung yang baru kita dapatkan, sebaiknya memang tidak usah dipaksakan untuk berbunyi. Misalnya dengan memancingnya menggunakan suara rekaman burung, menantangnya menggunakan kaca cermin, atau bahkan menempelkan burung sejenis hanya agar burung tersebut mau berbunyi, karena hal-hal yang demikian jika dilakukan terutama pada burung yang belum beradaptasi sama sekali dengan lingkungannya yang baru tentu bisa membuat mereka mudah stress atau ngedrop, apalagi jika mental mereka yang masih kurang.
Yang penting adalah biarkan burung beradaptasi dengan lingkungan barunya, karena nanti juga mereka akan segera mengeluarkan suara kicauannya.


3. Berikan pakan tambahan
Selama burung beradaptasi, selama itu pula kita bisa memanjakan mereka yaitu dengan memberinya pakan tambahan atau extra fooding yang lebih banyak, misalnya jangkrik, kroto atau ulat hongkong. Dengan begitu mental burung akan terjaga, dan mereka pun akan cepat berbunyi seperti di tempat asalnya.


Semoga berhasil dan salam kicau!
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait