Takur tulung-tumpuk burung endemik yang semakin terancam

1/09/2015
Salah satu spesies burung yang merupakan endemik Jawa dan Bali yang kini berada dalam status hampir terancam adalah burung takur tulung-tumpuk atau  Black-banded barbet (Megalaima javensis). Jenis ini termasuk dalam keluarga Ramphastidae dan masih satu keluarga dengan takur bultok maupun takur api.  


Takur tulung-tumpuk mempunyai tubuh berukuran agak besar yaitu 26 cm, dengan bulu yang didominasi warna hijau, dan sedikit berwarna-warni. Mahkota kuning dan bintuk kuning di sekitar mata, tenggorokan berwarna merah dan terdapat bercak merah pada sisi dada dan kerah lebar melewati dada bagian atas dan sisi kepala hingga ke mata. 

Habitat mereka adalah hutan-hutan dataran rendah di Jawa dan Bali, namun begitu spesies ini tidak umum ditemukan. Makanan utama mereka adalah buah-buahan dan serangga, dan memiliki kebiasaan seperti halnya jenis takur yang lainnya. 


Musim kawin berlangsung pada bulan April, Mei dan Desember. Sarang mereka diletakkan di dalam lubang yang terdapat pada pepohonan.


Takur tulung-tumpuk adalah spesies burung yang dilindungi oleh UU No. 5/1990 dan PP No. 7/1999. Badang konservasi internasional ICUN memasukkan spesies ini dalam daftar merah mereka dengan status Hampir Terancam (Near Threatened).
 

Berikut suara takur tulung-tumpuk 



Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus