Burung-madu leher merah, si cantk yang kian terancam

2/23/2015
Burung-madu adalah jenis burung kecil penghisap nektar yang banyak ditemukan di kawasan Asia. Spesies ini terdiri dari beberapa jenisnya yang memiliki penyebaran cukup luas. Jenis-jenis burung-madu di Indonesia dikenal dengan sebutan burung kolibri, dan cukup popular sebagai burung peliharaan. Salah satu spesies burung-madu adalah burung-madu leher merah. 

burung-madu


Burung-madu leher merah atau Red-throated sunbirds (Anthreptes rhodolaemus) merupakan jenis burung berukuran sedang (12cm). Burung jantan dan betina spesies ini bisa dibedakan dari penampilan dan warna tubuhnya. Burung jantan mempunyai mahkota dan tubuh bagian atas berwarna hijau mengkilap, dagu dan penutup sayap atas berwarna merah marun, tenggorokan merah lembut, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning zaitun. Pada burung betina, tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan putih, tubuh bagian bawah kuning pucat, dengan lingkat mata kecil kekuningan. 


Spesies burung-madu leher merah banyak ditemukan di kawasan hutan-hutan tropis yang berada di dataran rendah hingga ketinggian 500mdpl. Mereka biasanya dijumpai di antara semak dan pohon-pohon kecil di hutan primer dan sekunder, dan sering juga ditemukan di rumpun-rumpun anggrek.


Di Pulau Jawa, akan sulit sekali menemukan spesies burung-madu ini, hal itu lantaran burung-madu leher merah mempunyai penyebaran di luar Jawa, yaitu di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan Palawan. 




Burung-madu leher merah merupakan jenis burung-madu yang sangat dilindungi sesuai PP No.7 tahun 1999, selain itu spesies ini masuk dalam daftar merah IUCN dengan status Hampir Terancam (NT). 


Berikut suara kicauan burung-madu leher merah.


Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close