Manfaat mandi malam pada burung peliharaan

2/22/2015
Meskipun tidak termasuk dalam setingan perawatan harian yang umum, namun mandi malam sering dilakukan oleh kicaumania terhadap burung kesayangannya itu. Lalu, apakah sebenarnya tujuan dan manfaat dari mandi malam bagi burung kicauan? Untuk itu, akan kita bahas di sini.

 manfaat mandi malam


Beberapa jenis burung liar, terutama di wilayah yang mempunyai waktu malam lebih panjang beberapa jenis burung akan menjadi sangat aktif pada malam hari. Selain bercengkerama atau bernyanyi untuk menghibur pasangannya, beberapa burung bahkan kerap melakukan mandi malam baik digenangan air maupun di bak-bak mandi yang biasanya telah disediakan di halaman rumah seorang pecinta burung.

Bagi burung peliharaan, mandi malam bisa menjadi salah satu bentuk terapi untuk mendinginkan emosi ketika burung mengalami over birahi (OB), terutama untuk burung yang sering menyakiti dirinya sendiri seperti mencabuti bulunya sendiri.

Selain sebagai terapi OB, mandi malam pada beberapa jenis burung kicauan terbukti bisa memberikan efek yang cukup baik. Pada pentet misalnya, ketika mereka sering menunjukkan tingkah manja dan jarang berbunyi, memandikan mereka pada malam hari bisa menjadi obat yang cukup efektif mengatasi permasalahan tersebut, juga pada burung-burung kicauan lain seperti pleci, ciblek, kacer, atau murai batu.

Namun perlu diperhatikan juga ada beberapa jenis burung yang tidak dianjurkan untuk diberikan terapi mandi malam ini, misalnya kenari dan cucak hijau. Kedua jenis burung tersebut termasuk jenis yang kurang aktif pada malam hari, sehingga mandi malam terkadang bisa memberikan mereka masalah. Namun, bagaimanapun semua tergantung karakter dan kebiasaan dari burung tersebut.

Salam
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus