Mengenali karakter pleci

2/12/2015
Semua jenis burung termasuk pleci memiliki perilaku dan karakter yang berbeda tergantung individu burung tersebut. Dengan mempelajari karakter dari pleci maka akan bisa memudahkan dalam perawatan hariannya, terutama ketika pleci tersebut hendak dilombakan.
Berikut beberapa contoh karakter yang paling umum ditemukan pada pleci yang kerap dilombakan. 


Mengenali karakter pleci


Beberapa pleci akan tampil lebih maksimal ketika satu minggu sebelum dilombakan, mereka disendirikan. Pleci tersebut diasingkan dari jenis pleci lain yang ada di sekitarnya, termasuk tidak boleh melihat atau mendengar suara burung sejenisnya (isolasi). Biasanya, selama masa pengasingannya tersebut, burung pleci akan rajin mengeluarkan suara panggilan yang semakin lama semakin keras, dan ketika tiba waktunya berada di ganttangan, pleci tersebut akan merasa sangat senang dan berusaha tampil dengan sangat maksimal.

Ada juga beberapa pleci yang harus terlebih dahulu dicas dengan pasangannya, kedua pleci tersebut disatukan dalam sangkarnya yang dimulai satu minggu sebelum dilombakan. Menjelang dibawa lomba, mereka kemudian dipisahkan. Biasanya burung jantan berkicau dengan sangat lantang untuk mencari keberadaan si betina di antara para kontestan yang lainnya. 


Dua hal itu yang hingga kini masih banyak dilakukan sebagai ritual pleci sebelum lomba. Namun tentu saja, anda harus melakukan beberapa usaha "trial and error" sebelum mengetahui karakter pleci tersebut.  Nantinya setelah ditemukan kebiasaan dari pleci tersebut, maka anda dengan mudah bisa memainkan setingannya. 


Namun selain hal tersebut, jangan lupakan beberapa faktor yang menentukan lainnya, yaitu kebutuhan nutrisinya. Karena ada beberapa pleci yang enggan melakukan ritual sebelum lomba tersebut (diasingkan atau dicas betina), untuk pleci tersebut maka perawatan dalam bentuk mencukupi kebutuhan nutrisinya itu lah yang harus dipentingkan agar pleci terseut mempunyai stamina yang baik saat dilombakan.


Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close