Menjaga kualitas lovebird indukan

2/25/2015
Lovebird yang unggul berasal dari indukan yang berkualitas. Banyak peternak lovebird memiliki caranya sendiri dalam menjaga kualitas indukan, salah satunya adalah tidak memaksakan lovebird mereka untuk terus berproduksi. 

Menjaga kualitas lovebird indukan


Peternak yang baik akan berusaha untuk mengistirahatkan burung indukan selama 3 - 4 minggu setelah lovebird mereka tersebut telah melewati masa 2 periode bertelur (1 periode bertelur dan merawat anak-anaknya berlangsung selama 3 bulanan).

Jika seorang peternak terlalu memaksakan burung mereka untuk terus berproduksi secara penuh selama satu tahun, maka yang ada adalah penurunan produksi atau kualitas telur yang menurun. Jika sebelumnya indukan tersebut mampu bertelur hingga 5 - 6 butir telur dalam satu periode, maka pada periode berikutnya mereka hanya akan menghasilkan 2 - 3 butir telur dengan potensi gagal menetas sebesar 60%. 


Karena itulah, penting kiranya kita memperhatikan kesehatan dan kondisi indukan dengan memberikannya waktu beristirahat sekali dalam satu tahun. Selain itu, pemberian vitamin, mineral, dan pakan tambahan berupa beras merah bisa memacu produktivitas dan kualitas telur-telur mereka. 


Semoga manfaat dan salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close