Merawat cililin agar tambah gacor

2/03/2015
Cililin cukup dikenal sebagai burung masteran yang mantap untuk murai batu dan cucak hijau. Bahkan suara khas cililin yang tajam dan rapat selalu memberikan nilai tambah ketika murai batu atau cucak hijau tersebut dilombakan. Berikut bagaimana Merawat cililin agar tambah gacor.

cara merawat burung cililin, perawatan burung cililin, agar cililin tambah gacor, cara membuat cililin rajin bunyi,

Sebagai burung masteran, maka syarat utama agar proses pemasteran bisa berjalan lancar adalah burung tersebut harus sudah berada dalam kondisi gacor alias rajin bunyi, karena burung masteran seperti cililin yang rajin bunyi tentu akan membuat burung yang dimaster dengan cepat menguasai suara masterannya. 

Namun, tak jarang banyak burung cililin yang hanya mau bunyi kalau digoda atau diberi tepuk tangan saja, alhasil proses pemasterannya bisa berjalan sedikit lebih lama. Selain itu, tidak sedikit juga penggemar burung yang mengeluhkan kalau burung cililin yang baru mereka beli untuk masteran burung kesayangannya ternyata hanya bersuara semaunya saja.

Merawat cililin agar tambah gacor


Sebagai burung dari keluarga gagak-gagakan, maka perawatan harian harus dibuat rutin termasuk juga menjaga kebersihan pakan dan sangkarnya dari kotoran atau sisa-sisa makanan yang terbuang. Dengan menjaga kebersihan sangkar akan membuat burung bisa terhindar dari serangan bakteri atau parasit yang bisa mengganggu kesehatannya.  


Mandi sebaiknya diberikan pada pagi hari dan dilakukan secara rutin setiap harinya. Pemberian mandi bisa dilakukan dalam karamba mandinya. 

Setelah mandi dan ketika burung diangin-anginkan itu, pakan tambahan bisa diberikan. Dalam hal ini pemberian kroto menjadi salah satu perlakuan khusus yang bisa membuat cililin rajin berbunyi. Berikan kroto sebanyak satu sendok makan yang dicampur dengan pakan voernya, atau ditempatkan dalam cepuk terpisah.  

Kroto diberikan rutin setiap hari pada pagi dan sore harinya, sedangkan jangkrik bisa diberikan sebanyak 3 ekor pada pagi dan 2 ekor pada sore hari.  

Perawatan yang rutin tersebut pada burung cililin bisa membuat burung menjadi lebih rajin bunyi dan bisa menjadi burung master yang baik bagi burung kesayangan anda. 

Semoga manfaat

tags: cara merawat burung cililin, perawatan burung cililin, agar cililin tambah gacor, cara membuat cililin rajin bunyi,  

cara merawat burung cililin, perawatan burung cililin, agar cililin tambah gacor, cara membuat cililin rajin bunyi, 

cara merawat burung cililin, perawatan burung cililin, agar cililin tambah gacor, cara membuat cililin rajin bunyi,
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close