Ortolan bunting, burung langka yang berakhir di meja makan

2/07/2015
Spesies burung dari keluarga Emberizidae dikenal dengan suara kicauannya yang merdu, salah satunya adalah Ortolan Bunting (Emberiza hortulana). Jenis burung ini memiliki suara yang cukup lantang dan penuh variasi, namun sayang nasibnya harus berakhir dengan sangat tragis. Ortolan bunting banyak diburu dan ditangkapi bukan untuk dipelihara sebagai burung kicauan, namun dijadikan sebagai makanan mewah.


Ortolan Bunting





Sudah sejak lama spesies ini dikenal sebagai bahan makanan yang sangat lezat, terutama di Eropa. Banyaknya perburuan terhadap burung kicauan ini membuat spesies ini masuk dalam daftar terancam punah. Maraknya perburuan tersebut tidak terlepas dari tingginya permintaan akan daging burung ini yang datang dari berbagai rumah makan dan restoran-restoran mewah di beberapa negara Eropa terutama di Prancis.

Ortolan bunting memang dikenal mempunyai rasa dan aroma yang sangat lezat, meski untuk penyajiannya burung tersebut harus melewati penyiksaan terlebih dahulu, yaitu dengan menenggelamkannya hidup-hidup dalam sebuah ember atau tong yang berisi armagnac atau brandy. 


Bahkan ketika burung-burung ini ditangkapi pun harus melalui berbagai cara penyiksaan, di antaranya adalah membutakan kedua bola matanya atau menyimpannya dalam sebuah kotak gelap yang berisikan milet, anggur dan buah ara sebagai stok pakannya. Dalam kondisi tidak bisa melihat itulah, metabolisme mereka menjadi terganggu dan menyebabkan burung cepat merasa kelaparan yang akhirnya akan memakan habis semua makanannya sampai tubuhnya menjadi gemuk / buncit.  Setelah itu, barulah burung tersebut dibenamkan dalam ember yang sudah berisi minuman keras, untuk mencambah cita rasanya. 

Uniknya, para penikmat daging burung ortolan ini seringkali menutupi kepala mereka dengan serbet atau handuk, yang tujuannya adalah agar rasa dan aromanya semakin nikmat. Pada jaman dahulu, menutupi kepala dengan serbet atau handuk umumnya dilakukan oleh orang-orang yang merasa malu pada Tuhan karena telah memakan mahluk kecil yang tidak berdosa.



Semakin meningkatnya perburuan akan spesies burung langka ini membuat beberapa negara di Eropa mulai menetapkan peraturan yang melarang menangkap burung ini dalam bentuk burung atau telurnya, baik untuk dipelihara atau dibuat sebagai makanan. 

Berikut suara kicauan burung ortolan bunting 


Salam kicau!

Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait