Walik kembang, burung unik berkepala mohawk

2/21/2015
Penampilan burung ini sedikit unik,  kepalanya yang putih dengan garis hitam membuatnya tampak seperti potongan rambut bergaya Mohawk, kalau anda pernah menonton The A Team, penampilan burung ini mirip potongan rambutnya Mr. T.

Walik kembang, burung unik berkepala mohawk

Nama burung ini adalah walik kembang, tubuhnya didominasi warna hijau yang membuat spesies burung ini sulit terlihat dari balik rimbunan dedaunan. Burung jantan mudah diidentifikasi dari warna yang ada di tubuhnya termasuk bagian kepalanya yang unik.



Walik kembang mempunyai nama latin Ptilinopus melanospilus, adalah jenis burung yang merupakan anggota sku merpati-merpatian. Tanpa melihat burungnya pun kita sudah bisa mengetahui keberadaannya dengan mendengarkan suaranya. Suara walik kembang cukup keras dengan lagu berupa 'wuwu. wu..wu" yang monoton dan kerap dibawakan berulang-ulang.

Spesies burung ini tersebar di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Filipina bagian selatan, dan pulau-pulau kecil di sekitar Kalimantan. Di Jawa, Walik kembang umum ditemukan di dataran rendah dan hutan-hutan di perbukitan hingga ketinggian 800 mdpl, sedangkan di Sulawesi walik kembang banyak ditemukan di ketinggian 1.600 mdpl, sedangkan di Nusa Tenggara burung ini tersebar hingga ketinggian 700 mdpl.



Di Jawa, walik kembang masih banyak ditemukan di perkebunan, lahan kosong, dan taman-taman yang ada di Jakarta dan Bogor, di antaranya di Taman Margasatwa Ragunan dan di Kebun Raya Bogor.  Ketika musim beringin berbuah, spesies burung ini seringkali ditemukan bersama-sama burung jenis lain seperti punai penganten (Treron griseicauda), punai gading (Treron vernans), kutilang (Pycnonotus aurigaster) dan kacamata biasa (Zosterops palpebrosus).
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...