Melatih kenari agar memiliki tarikan nafas panjang

3/02/2015
Selama ini, burung kenari yang mempunyai tarikan nafas yang panjang masih menjadi satu hal yang didambakan oleh para kenari mania. Karena selain bisa membuat burung mereka akan berkicau dalam durasi yang sangat alam, kenari tersebut akan mempunyai stamina yang cukup baik.

Banyak penggemar burung yang sengaja memberikan pelatihan pada kenari mereka agar bernafas lebih panjang, di antaranya adalah dengan memasukkannya dalam kandang umbaran.


Kandang umbaran yang digunakan umumnya memiliki ukuran panjang dan lebar 2 x 1 meter, dan di dalamnya dipasang dua buah tangkrikan dengan jarak yang saling berjauhan (dari ujung ke ujung).
Fungsi dari jarak kedua tenggeran yang berjauhan itu adalah agar kenari tersebut lebih banyak bergerak menggunakan otot-otot dada dan sayapnya ketika berpindah dari satu tenggeran ke tenggeran yang satunya lagi. Sehingga dengan begitu, otot pernafasannya akan menjadi terlatih dan burung pun akan mempunyai tarikan nafas yang lebih panjang. Dan hal itu bisa memberi pengaruh baik terhadap suara kicauannya.

Biasanya, kenari yang biasa dikonteskan akan dilatih dalam kandang umbaran selama satu - dua kali seminggu dengan waktu pengumbaran rata-rata sekitar 15 menit saja, karena jika terlalu lama dalam kandang umbaran dikhawatirkan sifat kenari akan menjadi lebih liar sehingga sulit untuk kita mengontrolnya.

Selain melatih dalam kandang umbaran, penjemuran teratur juga bisa membantu dalam menciptakan meningkatkan stamina dan nafas yang lebih panjang. Penjemuran untuk kenari muda sebaiknya dilakukan secara bertahap, dengan maksimal waktu penjemuran adalah 1,5 - 2 jam atau dikondisikan dengan karakter dari burung tersebut.

Disamping mandi dan jemur, pakan tambahan seperti mentimun bisa diberikan sekali seminggu atau dengan diselang-seling dengan pakan buah dan sayuran lainnya. Karena jika kenari terlalu sering mengkonsumi timun pun hasilnya akan menjadi tidak baik. Pada musim panas atau pada saat panas terik, mentimun bisa diberikan untuk membersihkan lendir di tenggorokannya.
Selain itu, perawatan standar yang harus tetap dilakukan, agar kenari tetap memiliki energi dan teta rajin berbunyi.

Semoga manfaat

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus