Tips membedakan cendet trotolan jantan dan betina

3/22/2015
Merawat burung cendet dari trotolan memang hal yang menjemukkan namun menyenangkan. Jemu karena kita harus menunggu lama sampai burung mau berkicau dengan lantangnya, belum lagi resiko miyik dan sebagainya. Menyenangkan karena hasil akhirnya tentu saja bisa membuat kita bangga, apalagi jika burung tersebut rutin diberikan pemasterannya sejak masih trotolan.

membedakan cendet trotolan jantan dan betina



Hal yang cukup membuat pusing sebagian penggemar burung adalah bagaimana membedakan antara burung jantan dengan betina dari cendet trotolan. Terlebih penampilan mereka cukup samar dan memiliki kemiripan satu sama lainnya.  
Namun, tidak berarti kita tidak bisa memilih mana burung jantan dan betinanya, karena beberapa tengara berikut bisa membantu anda dalam pemilihan jenis kelamin cendet trotolan. 

Seperti yang disharing oleh sebagian besar cendet mania, untuk membedakan cendet trotolan jantan dan betina bisa dilihat dari warna slip putih yang ada pada kedua sayapnya. Jika warna putihnya berwarna cerah atau terang maka kemungkinan besar cendet trotolan tersebut berjenis kelamin jantan, namun jika warna slip putihnya cenderung kusam maka itu artinya cendet tersebut berjenis kelamin betina.  Warna putih tersebut bisa dilihat ketika anda membuka / membentangkan kedua sayapnya. 


Tapi jangan terlalu terfokus pada metode di atas, karena hal ini hanyalah prediksi saja, karena bisa saja wana putih tersebut kusam akibat bulu yang kotor oleh debu atau kotoran sangkar dan kemungkinan-kemungkinan lainnya. Namun bagaimanapun hal ini sedikit banyak bisa membantu anda untuk tidak galau lagi, hehehe.


Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close