Beberapa penyebab kematian mendadak pada burung peliharaan

4/25/2015
Merawat burung kicau tidaklah semudah merawat hewan peliharaan jenis lainnya. Seorang kicaumania harus bisa mengatus pakan dan nutrisinya agar peliharaannya itu tetap aktif dan rajin berbunyi. Selain itu, meski perawatan harian tetap diterapkan namun sering terjadi kematian mendadak pada peliharaannya itu. Ulasan berikut akan mengupas beragam penyebab kematian mendadak pada burung peliharaan. 

burung tiba-tiba mati


Beragam kemungkinan bisa terjadi dan menimpa semua jenis burung peliharaan, termasuk salah satunya adalah kematian mendadak. Namun berbeda dengan situasi yang dialami oleh jenis kenari dan finch (baca lagi Penyebab kematian mendadak pada burung kenari dan finch), pada jenis kicauan pemakan serangga seperti murai batu, kacer, cucak hijau, dan ciblek hal seperti ini cukup sering terjadi an terkadang tidak bisa diperkirakan oleh perawatnya. 

Meski begitu, beberapa hal berikut ini cukup umum dan sering menjadi penyebab kematian mendadak pada burung peliharaan, yaitu: 

  1. Stres berlebihan 
  2. Heat stroke
  3. Polusi udara terutama sering menghisap co2 (karbondioksida)
  4. Memakan serangga atau binatang beracun
  5. Memakan buah atau sayur-sayuran yang mengandung racun
  6. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak umum.
Kematian mendadak akibat stres berlebihan 

Burung yang terlalu stres sangat rentan mengalami kematian mendadak yang terkadang sering pula disertai dengan gejala seperti kejang-kejang. Umumnya yang paling beresiko dengan masalah ini adalah burung bakalan terutama dari jenis murai batu.  Burung bakalan memang masih memiliki tingkat stres yang cukup tinggi, karena itulah sebelum anda melakukan perawatan yang rutin ada baiknya mengenali bagaimana perawatan burung bakalan terutama yang baru didapatkan dari hasil tangkapan hutan. 


Kematian mendadak akibat heat stroke


Beberapa jenis burung peliharaan yang terlalu lama berada di bawah terik matahari cenderung mudah mengalami heat stres yang biasanya bisa diperhatikan dari burung yang sering membuka paruhnya lebar-lebar untuk membuang panas tubuhnya. Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka yang terjadi kemudian adalah burung mengalami dehidrasi yang berlanjut pada kondisi heat stroke yang bisa memicu kematian mendadak. 


Untuk pencegahan dan langkah aman, sebaiknya penjemuran dimulai sejak pukul 06:30 - 07:00 pagi hari dan diakhiri setelah 2 - 3 jam kemudian, atau tidak lebih dari pukul 10:00 siang jika matahari sedang terik-teriknya.


Kematian mendadak akibat polusi udara


Polusi udara bisa menjadi salah satu penyebab kematian mendadak pada burung peliharaan. Polusi udara ini bisa berasal dari karbondioksida (co2) hasil pembakaran sampah, asap kendaraan, maupun sumber polusi lainnya. Untuk pencegahan sebaiknya jauhkan burung tersebut dari lokasi yang dekat dengan sumber polusi tersebut. 


Kematian mendadak akibat memakan serangga beracun


Beberapa jenis serangga yang tidak umum atau tidak biasa dikonsumsi oleh burung peliharaan ternyata mengandung racun yang bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan kematian mendadak. Untuk pencegahan sebaiknya hindari memberikan serangga-serangga tersebut secara berlebihan (terlalu sering), serta berusaha mencegah burung memakan serangga-serangga liar yang terbang dekat sangkarnya.

Kematian mendadak akibat megkonsumsi buah atau sayuran beracun 

 
Hati-hati saat memberikan buah atau sayuran untuk burung peliharaan anda, karena bisa saja buah atau sayuran tersebut tercemar oleh racun atau pestisida. Untuk pencegahan, ada baiknya buah atau sayuran yang baru anda beli tersebut terlebih dahulu dicuci atau direndam dengan menggunakan air bersih. Selain itu, ada beberapa jenis buah-buahan yang tidak bisa diberikan pada burung peliharaan, salah satunya adalah buah alpukat. 


Kematian mendadak akibat makanan atau minuman yang tidak umum
 

Akhir-akhir ini kecenderungan kicaumania mencoba beragam jenis makanan dan minuman yang tidak umum untuk burung miliknya agar menjadi rajin bunyi/gacor, ternyata menjadi salah satu penyebab kematian mendadak pada beberapa jenis burung peliharaan.  Makanan atau minuman yang merupakan konsumsi manusia terutama yang mengandung coklat, soda, cola, alkohol, dan minuman penambah stamina jika diberikan pada burung peliharaan bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan memicu kematian mendadak pada burung tersebut.  




Itulah beberapa hal yang selama ini dikenal sebagai penyebab kematian mendadak pada burung peliharaan. Selain kemungkinan-kemungkinan tersebut, ada beberapa hal yang juga bisa menyebabkan kematian pada burung, yaitu infeksi penyakit dan gangguan saraf/ kelumpuhan


Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya maka kita bisa melakukan pencegahan dan merawat burung kesayangan kita itu dengan lebih penuh perhatian. 

Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait