Melangsingkan anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor

4/11/2015
Kegemukan bagi semua jenis burung kicauan tentu akan berakibat kurang baik, selain mengurangi penampilannya, burung pun cenderung kurang aktif. Pada anis kembang terutama yang masih bakalan, kegemukan adalah kondisi yang biasa dan umum terjadi. Namun tahukah anda, kegemukan ada anis kembang ternyata memberi pengaruh terhadap kegacoran maupun kondisi ngeplongnya.


cara melangsingkan anis kembang



Kondisi kegemukan yang dialami oleh anis kembang hampir sama dengan yang terjadi pada burung peliharaan lainnya, tapi umumnya hal tersebut terjadi akibat terganggunya proses metabolisme yaitu sebuah proses perubahan makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi yang dibutuhkan. Karena itu untuk menangani anis kembang yang kegemukan terkadang harus dilakukan dengan cara yang berbeda dari yang biasa dilakukan pada burung peliharaan lainnya.

Membuat anis kembang menjadi singset memang sedikit berbeda dengan perawatan gemuk pada jenis burung lainnya. Pada anis kembang, perawatan tersebut tidak meliputi diet maupun penjemuran tapi cukup dengan rutin memberikan pakan tinggi protein yang bisa membuatnya birahi maksimal. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan selalu menyediakan pakan tambahan atau extra fooding yang dibutuhkan seperti jangkrik, cacing tanah, kroto, maupun ulat hongkong. 


Selain pakan tambahan, voer yang diberikan pun setidaknya harus mengandung / kaya akan omega 3.  Begitu juga dengan buah-buahannya, pemberian buah yang tidak gonta-ganti setiap hari terutama buah pisang, hanya akan membuat burung rentan alami kegemukan. 


Untuk memudahkan anda, berikut beberapa metode melangsingkan anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor. 


Berikan extra fooding (EF) yang cukup setiap harinya terutama cacing tanah, jangkrik, ulat hongkong dan kroto. Beberapa AK Mania cenderung memberikan jangkrik sebanyak 3 - 7 ekor pada pagi dan sore harinya atau tergantung dari kemampuan burung mengkonsumsinya. Selain itu kombinasikan juga dengan pakan lain seperti: 

  • Cacing tanah sebanyak 2 ekor yang diberikan pada pagi dan sore hari.
  • Kroto sebanyak satu sendok teh yang diberikan setiap pagi atau saat pengembunan.
  • Buah yang diberikan umumnya adalah apel dan pepaya yang bisa diberikan rutin setiap hari maupun beberapa hari sekali.
Pemberian mandi sebaiknya rutin dilakukan setiap pagi hari, sedangkan mandi malam bisa diterapkan beberapa hari sekali.
 

Penjemuran agar anis kembang menjadi langsing dilakukan sejak pagi hari yaitu 
saat pengembunan dengan menggantung sangkarnya di area terbuka yang akan terkena cahaya matahari langsung ketika terbit. Penjemuran tersebut bisa dilakukan sampai pukul 08:00 pagi atau selama 1 - 2 jam. 

Pengembunan sebaiknya rutin dilakukan untuk mempercepat anis kembang tersebut memiliki tubuh yang singset dan langsing. Pada saat pengembunan burung bisa diberikan kroto dan cacing tanah. 


Itulah beberapa hal tentang bagaimana membuat langsing burung anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor. Dari perawatan di atas, intinya adalah bagaimana membuat burung tersebut menjadi birahi maksimal. Karena dengan begitu anis kembang akan menjadi cepat langsing, dan hal tersebut tentu saja memberi pengaruh yang cukup besar terhadap suara kicauannya, yaitu membuatnya cepat ngeplong dan cepat menjadi gacor sehingga bisa dilombakan setelah memiliki mental yang cukup.


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait