Perawatan serindit bakalan agar siap lomba

5/30/2015
Serindit semakin banyak digemari kicaumania sebagai pemancing bunyi maupun masteran. Bukan itu saja, burung kecil dari jenis paruh bengkok ini pun sudah banyak dilombakan di beberapa daerah. Sebagai panduan bagi anda, berikut perawatan serindit bakalan agar siap lomba.  

perawatan serindit bakalan



Banyak kicaumania yang rata-rata membeli serindit di pasar-pasar burung dalam kondisi masih bakalan atau tangkapan hutan, selain masih jarang orang yang mau menangkarkan serindit ini, harga bakalan masih terbilang sangat murah meriah yaitu sekitar 50 ribu - 80 ribu rupiah. Namun tak jarang dalam perawatannya mereka kerap mengalami kesulitan, terutama karena burung yang tidak mau memakan biji-bijian yang sudah disiapkan dalam wadah pakannya.

Untuk itu, salah satu hal yang harus dilakukan agar serindit bisa dilombakan adalah dengan melatih mereka agar mau makan biji-bijiannya. Karena selain bisa memberikan nutrisi tambahan, pakan biji-bijian bisa memberikan tambahan energi dan membuat serindit lebih rajin berbunyi.  


Selain pemakan buah-buahan, serindit adalah penikmat nektar atau cairan manis yang berasal dari gula. Karena itu juga dalam perawatan hariannya, buah-buahan dan nektar buatan bisa diberikan. Nektar buatan ini umumnya bisa didapatkan dalam bentuk tepung/cairan ,atau bahkan membuat senditi air gula dengan komposisi yang tepat. 


Selain dari segi pakan, melatih serindit bakalan agar menjadi jinak dan tidak ketakutan setiap melihat orang-orang di dekatnya adalah satu hal yang penting dilakukan agar kelak mereka mempunyai mental yang baik sewaktu dilombakan. Serindit yang cenderung giras atau selalu ketakutan tentu tidak akan bisa tampil maksimal, apalagi saat melihat orang-orang yang lalu lalang atau bahkan juri yang mendekati sangkarnya. 


Melatih serindit agar cepat jinak bisa dilakukan dengan cara menggantung sangkarnya pada posisi rendah, lalu menyimpannya di tempat yang ramai. Selain itu, mandi semprot hingga basah kuyup bisa membantu menurunkan emosi/kegirasan dari burung tersebut. 


Persiapan terakhir adalah melakukan pemasteran dengan suara yang tepat, dalam hal ini suara burung serindit lain yang rajin bunyi atau suara nuri tanau/puling/serindit gajah bisa menjadi alternatif pemasteran yang sangat baik untuk melatih serindit agar siap lomba. Latihlah serindit tersebut dengan cara menggantung sangkarnya di tempat yang sangat teduh, lalu gantungkan serindit lain atau nuri tanau yang rajin bunyi di dekatnya tanpa terlihat. 


Berikut perawatan harian burung serindit agar siap lomba:

  • Setiap pagi burung serindit dikeluarkan untuk diembunkan.
  • Pukul 06:30 - 07:00 serindit kemudian dimandikan lalu diangin-anginkan.
  • Lakukan penjemuran secukupnya saja.
  • Berikan pakan biji-bijian berupa milet putih atau pakan yang biasa diberikan untuk lovebird.
  • Berikan buah-buahan seperti pisang seminggu tiga kali.
  • Berikan air gula atau nektar  (dari tepung nektar atau nektar cair yang banyak dijual di toko pakan burung) selama dua kali seminggu.
  • Siang hingga sore hari, serindit digantung di tempat yang teduh sambil diberikan pemasterannya.
  • Sore harinya serindit dibiarkan beristirahat.

Setelah serindit mulai rajin berkicau dengan tambahan suara masterannya, terlebih mereka juga sudah dalam kondisi jinak atau jinak-lalat, maka anda bisa mencoba dengan menguji mental dari serindit tersebut dengan membawanya ke arena lomba.  


Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close