Tips memilih cendet trotolan berkualitas

5/10/2015
Meski harus melalui tahap-tahap yang cukup lama, namun cendet trotolan masih banyak digemari kicaumania di Indonesia. Untuk memilih burung cendet trotolan yang mempunyai kualitas baik dari segi penampilan maupun kekuatan suara kicauannya. Maka tips berikut bisa menjadi panduan bagi anda bagaimana memilih cendet trotolan berkualitas. 

memilih cendet trotolan berkualitas



Untuk mendapatkan cendet yang nantinya bakal memiliki karakter vokal yang kuat maka beberapa kriteria berikut bisa menjadi panduan bagi anda dalam memilih cendet trotolan yang bagus. 


1. Perhatikan bentuk kepala

  • Kepala cendet trotolan yang besar diyakini nantinya setelah dewasa burung tersebut akan pintar dan dengan cepat bisa meniru beragam suara masteran yang dilatihkan kepadanya. 

2 Perhatikan bentuk paruh

  • Bentuk paruh yang besar, tebal dengan pangkal yang lebar menandakan burung tersebut nantinya bakal memiliki kekuatan vokal yang tembus. 
  • Bentuk sobekan paruh yang sampai bagian bawah mata menjadi ciri-ciri lain yang menandakan cendet tersebut memiliki bakat.
  • Bentuk lubang hidung yang besar, menandakan burung tersebut mempunyai power dan karakter vokal yang kuat.
3. Mendengarkan suaranya
  • Cendet trotolan seringkali mengeluarkan suara tembakan khasnya, nah jika suara tersebut terdengar cukup kencang dan penuh power, maka itu artinya cendet tersebut memiliki bakat alami yang siap diasah oleh pemiliknya.
Itulah beberapa tips bagaimana memilih cendet trotolan yang bagus dan diyakini memiliki karakter suara yang kuat. 

Salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close