Cara melatih mental kenari bakalan

6/22/2015
Cara melatih mental kenari bakalan - Kenari semakin menjadi burung kicauan paling popular yang banyak dipelihara oleh penggemar burung di Indonesia. Burung yang terdiri dari beragam jenis dan warnanya ini pun banyak dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Kenari yang ditawarkan biasanya berumur antara 3 - 5 bulan, sehingga melatih mental sejak dini sangat diperlukan agar kenari tersebut kelak memiliki mental jawara dan juga suara kicauan yang baik. Berikut adalah tips melatih mental kenari bakalan

Melatih mental kenari bakalan



Untuk melatih mental kenari bakalan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan terutama yang berkaitan dengan perawatan hariannya. Berikut tiga cara melatih mental kenari bakalan

1. Biasakan menggantung sangkar kenari di tempat rendah
Biasakan menggantung sangkar burung kenari anda pada posisi searah pandangan mata atau kira-kira setinggi kepala kita. Dengan begitu, kenari tersebut akan terbiasa dengan kesibukan dan lalu lalang orang, selain itu pada waktu menjemur juga usahakan agar posisi sangkar tetap berada di tempat yang rendah.
2. Sering berpindah-pindah tempat
Agar kenari mudah beradaptasi dengan tempat barunya, maka seringlah untuk memindah-mindahkan lokasi menggantung sangkarnya. Selain itu, kenari yang sering dipindah-pindah tempat gantangannya akan menjadikan kenari tidak jago kandang.
3. Rutin latihan dengan kenari lain
Sering melatih kenari bakalan anda dengan kenari jantan lain . Tidak semua kenari jantan akan langsung berkicau ketika didekatkan dengan kenari jantan lain, karena itulah, untuk melatih mentalnya maka pelatihan rutin harus sering dilakukan, agar kenari terbiasa dan mau berkicau begitu melihat kenari lain di sekitarnya. 

Latihan bisa dilakukan ketika burung tersebut sedang dijemur (atau pada pagi hari), pada saat itu sangkar mereka didekatkan dalam jarak satu meteran. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 30 menit, setelah itu keduanya dijauhkan tapi tetap dalam jarak pendengaran yang baik.  Lakukan latihan tersebut dua kali sehari. 

Video kenari untuk melatih kenari bakalan


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=sj-CfxwqpV0

Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close