Mengenal jenis-jenis kenari lokal

6/30/2015
Kenari merupakan jenis burung peliharaan paling popular di Indonesia dan mancanegara. Spesies burung dari keluarga finch ini bahkan memiliki beragam jenis dan varietas yang cukup digemari. Sebagian dari jenis-jenis tersebut disebut dengan kenari impor, karena ditangkarkan di luar Indonesia, sedangkan beberapa jenisnya disebut dengan sebutan kenari lokal yang sudah ada sejak dahulu dan banyak ditangkarkan kenari mania di Indonesia. Apa saja jenis - jenis kenari lokal tersebut, mari kita simak berikut ini. 



Kenari lokal yang banyak didapatkan di dalam negeri dulunya merupakan jenis burung yang diimpor dari Taiwan, China dan Belanda sampai di antaranya disalingsilangkan hingga muncul sebutan kenari lokal.  Yang membedakan antara kenari lokal dan impor tentu saja postur tubuhnya yang lebih kecil dari kenari impor. Meski kenari lokal tidak begitu memiliki kicauan yang baik dan kurang fighter, namun dengan pelatihan yang baik mampu menjadikan kenari lokal sebagai jenis burung yang cukup sering dilombakan. 

Kenari lokal yang kita kenal, terdiri dari beberapa jenis yang tentu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan penangkar yang mau mengawinsilangkannya. Beberapa jenis kenari lokal yang cukup popular adalah sebagai berikut:

  1. Kenari kuning, adalah kenari lokal yang memiliki warna kuning terang bercamput putih pada bulu-bulunya.
  2. Kenari merah, adalah jenis kenari lokal yang bulu-bulunya sebenarnya lebih cenderung berwarna oranye. Kenari ini banyak diminati lantaran warnanya yang cerah dan mudah ditangkarkan.
  3. Kenari putih, adalah jenis kenari lokal yang memiliki bulu-bulu berwarna putih. Beberapa tahun terakhir ini, banyak kicaumania yang membawa kenari lokal putih mereka untuk dilombakan.
  4. Kenari sunkist, adalah jenis kenari lokal yang memiliki bulu-bulu berwarna seperti kulit jeruk. 
  5. Kenari hijau, adalah jenis kenari lokal yang memiliki warna unik pada bagian dada yang kuning bercampur kehitaman, sedangkan bagian ataasnya berwarna coklat belang kehitaman.
  6. Kenari isabel, adalah jenis kenari lokal yang memiliki bulu-bulu berwarna gelap.
  7. Kenari starblue, adalah jenis kenari lokal yang corak bulunya mirip burung gereja. Campuran warna hitam dan abu-abu membuat kenari ini berpenampilan lebih cantik, namun jarang sekali yang menangkarkannya. Selain itu masih jarang orang yang melombakan kenari jenis ini. 

  Semoga manfaat

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close