Tip singkat mempercepat proses perkawinan pada kenari

6/07/2015
Menangkar kenari kini menjadi pekerjaan yang banyak dilakukan oleh para penggemar burung kecil bersuara merdu ini. Namun tak jarang, banyak masalah muncul dalam penanganannya. Berikut ini adalah tips singkat bagaimana mempercepat proses perkawinan pada kenari milik anda. 

mempercepat proses perkawinan pada kenari



Ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum kita memulai usaha penangkaran agar usaha kita tersebut bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan. Beberapa persyaratan tersebut antara lain:

1. Sepasang burung yang berbeda jenis kelamin dan sudah cukup umur.
2. Kondisi atau lingkungan tempat menangkarkan yang tenang dan minim gangguan, baik dari manusia maupun hewan.
3. Tersedianya multivitamin atau multimineral.


Jika beberapa persyaratan tersebut telah dipenuhi, maka tips mempercepat proses perkawinan pada kenari berikut bisa anda praktekan. 


Tips mempercepat perkawinan kenari


1. Tidak mencampurkan jantan dan betina dalam waktu yang cukup lama, terutama pada saat kenari baru didapatkan dan sedang dalam proses perodohan sampai kenari tersebut sudah siap untuk dikawinkan.
2. Ketika burung betina mulai matang kelamin ( silakan perhatikan kloakanya yang merah bengkak) dan menunjukkan sikap tak tenang atau sering membawa bahan sarang ketika mendengar suara burung jantan yang gacor maka proses penyatuan bisa dimulai.
3. Jika tetap tidak ada proses perkawinan yang berlangsung antara jantan dengan betina, maka kita bisa memancing si jantan dengan mendekatkan kenari lain yang cukup gacor di dekat kandang penangkarannya. Dengan begitu si jantan tersebut akan segera mengawini betinanya karena takut kalah bersaing.
4. Biarkan mereka tanpa terganggu selama beberapa jam, karena dalam rentang waktu tersebut  akan teradi beberapa kali proses perkawinan. 


5. Setelah itu, burung jantan bisa kita pisahkan sampai tidak saling melihat untuk kemudian mengulangi proses tersebut selama tiga hari. Pada hari ke empat, kenari jantan tidak perlu disatukan dengan betinanya, karena betina akan bertelur dan mengerami telurnya sendiri. Sedangkan si jantan bisa digunakan untuk mengawini betina lainnya dengan proses yang sama. 


 Untuk hasil maksimal, gunakan BirdVit dan BirdMature sebagai suplemen penangkaran burung anda.

Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close