Cara aman memotong paruh burung yang panjang

7/10/2015
Seiring perjalanan waktu, paruh pada burung peliharaan bisa bertambah panjang dan hal tersebut tentu bisa mengganggu aktvitasnya, terutama untuk makan maupun ketika sedang menyuapi anak-anaknya. Karena itulah, ketika pemilik melihat paruh burung rawatannya bertambah panjang, maka harus segera diatasi dengan cara debeaking atau memotong paruh yang panjang

memotong paruh yang panjang



Memotong paruh burung yang panjang bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa peralatan khusus, misalnya pisau cukur atau cutter yang tajam maupu menggunakan piranti dremel yaitu semacam alat untuk mengasah paruh burung yang panjang yang mirip gurinda mini.

Memotong menggunakan pisau cukur atau cutter 

Untuk memotong menggunakan pisau cukut atau cutter maka yang perlu diperhatikan adalah ketajaman dari mata pisau tersebut. Semakin tajam mata pisau yang digunakan, semakin nyaman burung tersebut ketika dilakukan debeaking. 

Perhatikan pula untuk tidak memotong paruh melebihi batas normal, karena pada bagian tersebut terdapat aliran darah yang jika terpotong bisa sebabkan pendarahan. 

Lakukan pemotongan secara perlahan, seperti bagaimana kita menggunting kuku kita sendiri. 


Mengasah paruh menggunakan dremel atau gurinda mini

Mengasah paruh menggunakan alat asah mungkin adalah tindakan yang paling aman, karena di sini kita hanya meratakan bagian paruhnya yang panjang dengan mengasahnya. Selain mudah dilakukan, juga mengurangi resiko pendarahan jika memotong paruh dengan pisau.  



Selain itu, penggunaan dremel bisa diaplikaikan untuk merapikan atau memotong kuku burung yang panjang.

Menyediakan tenggeran beramplas 

Tenggeran beramplas bisa digunakan untuk merapikan paruh burung yang panjang, namun dibandingkan dengan dua metode sebelumnya, cara ini termasuk yang paling lama, karena yang melakukannya adalah burung itu sendiri. 

Itulah beberapa cara bagaimana memotong paruh burung yang panjang dengan aman. 

Semoa manfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...