Tips singkat breeding hwamei

7/03/2015
Selama ini, menangkar burung-burung impor yang berasal dari China seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin dilakukan, apalagi dulu sempat beredar isu yang menyebut bahwa burung-burung tersebut sebelumya telah 'diseterilkan' terlebih dahulu. 

Tips singkat breeding hwamei



Padahal bisa saja isu tersebut sengaja dihembuskan oleh para pedagang agar tidak ada yang berani ambil resiko untuk mengembangbiakkannya, terlebih pada waktu dulu burung-burung impor seperti hwamei dan poksay cukup berlimpah di pasaran. 


Beda dulu beda sekarang, saat ini bahkan tidak sedikit kicaumania di Indonesia yang sudah berhasil menangkarkan burung-burung tersebut. Menangkarkan burung agresif seperti hwamei, memang butuh kesabaran yang sangat ekstra, kecuali misalnya anda sudah memiliki sepasang jantan dan betina yang memang sudah berjodoh.
 
Kesulitan yang timbul pertama kali adalah pada waktu proses perjodohannya, karena tak jarang burung hwamei jantan menolak betina yang kita tawarkan sebagai pasangannya. Kalau sudah begitu, pilihan yang ada adalah mengganti burung betina tersebut. 


Namun, jika burung jantan mau menerima si betina, maka upaya penangkaran akan berjalan lebih mudah.  Dengan menggunakan kandang aviary yang luas, serta tempat sarang yang ditempatkan diantara ranting dan daun-daun sintetis / alami, kedua hwamei tersebut akan saling berjodoh dan mulai berkembangbiak.

Semoga manfaat

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...