Cara hilangkan kutu pada murai batu

8/21/2015
Kutu bisa menyerang semua jenis mahluk hidup yang memiliki rambut atau bulu, tak terkecuali burung peliharaan seperti murai batu. Tanda-tanda burung murai batu yang terinfeksi kutu adalah berkurangnya penampilan, selalu gelisah dan sering menggaruki bagian tubuhnya. Jika itu yang terjadi pada burung murai batu anda, segeralah beri penanganan dengan segera. Berikut tips hilangkan kutu pada murai batu. 

Cara hilangkan kutu pada murai batu


Kutu memang tidak bisa diprediksi kapan bisa menyerang lalu menginfeksi momongan kita, namun sangkar yang terlalu kotor dan perawatan yang kurang layak bisa menjadikan mahluk penghisap darah ini menyerang hewan peliharaan kita.  

Penularan kutu biasanya terjadi dari sangkar ke sangkar, satu hal yang paling sering terjadi adalah memindahkan burung dari sangkar ke sangkar tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Dalam kasus ini, tungau atau kutu yang bersemayam di area sangkar dengan mudahnya akan menginfeksi burung yang menjadi penghuninya. Karena itu, dianjurkan untuk membersihkan sangkar dengan menggunakan obat-obatan khusus atau desinfektan seperti FreshAves untuk menjamin sangkar tersebut tidak dihuni oleh 'drakula-drakula kecil'. 

Untuk mengatasi burung murai batu yang telah terinfeksi kutu, maka cara yang baik dilakukan adalah melakukan penanganan dengan segera. Jauhkan burung yang terinfeksi dari burung lain yang ada di rumah. Selain itu, hindari juga penggunaan kerodong yang lazim digunakan burung tersebut pada burung lainnya, karena kain kerodong kerap menjadi sarana penularan kutu. 

Pindahkan burung ke sangkar lain yang sudah dibersihkan, selama itu, sangkar yang sering digunakan dibersihkan atau dicuci hingga bersih dengan menggunakan obat-obatan khusus seperti FreshAves dari omkicau.

Mandikan burung dengan menggunakan shampoo khusus atau ramuan-ramuan tradisional pengusir kutu, di antaranya: 

1. Memandikan dengan air bekas cucian beras.
2. Memandikan dengan air rebusan daun sirih. 

Lakukan terapi tersebut secara rutin setiap harinya, dan selama itu hindari penggunaan kerodong jika kerodong tersebut sering digunakan juga untuk menutupi sangkar burung yang lainnya. Alternatifnya anda harus sering mencuci bersih kerodong sebelum dipakai. 

Dalam perawatan hariannya, harus lebih dirutinkan untuk SELALU MEMBERSIHKAN SANGKAR dan MANDI JEMUR yang cukup. Dengan demikian, kutu bisa menghilang dari tubuh burung kesayangan anda. 

Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close