Melatih mental ciblek calon jawara

8/07/2015
Sebagai burung fighter, ciblek dikenal memiliki mental yang sangat baik ketika bertemu lawan mainnya. Goyangan dan tembakannya yang khas membuat banyak kicaumania tertarik untuk melombakan burung ciblek miliknya. Untuk membuat ciblek menjadi jawara, memang butuh penggemblengan mental dan latihan-latihan khusus, terutama agar ciblek tersebut tidak mudah ngedrop yang berujung macet bunyi. Berikut cara melatih mental ciblek calon jawara

melatih mental ciblek calon jawara


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melatih mental ciblek yang akan disiapkan untuk lomba, yaitu:
  1. Melatih mental ciblek calon jawara sebaiknya dimulai dengan membiasakan untuk sering mengganti tempat menggantung sangkarnya, terutama di tempat yang umumnya ramai.
  2. Hindari untuk merubah setingan pakan yang sudah pakem.
  3. Hindari juga untuk mengubah posisi tempat pakan dan minumna, begitu juga dengan posisi tenggeran dan kayu yang digunakannya.
  4. Ketika hendak memberi kerodong pada sangkarnya, biasakan untuk mengganti-ganti warna dari kerodong tersebut dengan warna-warna yang cerah.
  5. Rutin memberikan multivitamin seperti BirdVit untuk menjaga kondisinya tetap fit selama pelatihan, sehingga burung akan selalu siap lomba.
  6. Secara bertahap, latihlah burung tersebut dengan ciblek lain yang bermental buruk dalam waktu yang pendek hingga panjang. 
  7. Cobalah untuk melatih ciblek anda di arena lomba setidaknya satu - dua kali sebulan, dan jika burung sudah kelihatan mentalnya anda bisa melombakannya secara rutin.  

Itulah tips bagaimana melatih mental ciblek calon jawara


Semoga manfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus