Tips singkat mejadikan burnug lovebird juara lomba

8/29/2015
Siapa yang tak ingin burung lovebird jagoannya kerap jadi jawara dalam setiap even-even lomba burung. Tentu saja, untuk menjadikan lovebird jadi jawara dibutuhkan perawatan yang cukup khusus agar burung bisa tampil lebih maksimal ketika dilombakan. Untuk keperluan tersebut, berikut tips singkat bagaimana menjadikan burung lovebird juara lomba. 

agar lovebird jadi juara lomba


Tips berikut diperoleh dari rekan-rekan kicaumania yang kerap melombakan burung lovebirdnya dan selalu menjadi juara.

Rawatan harian
 

Untuk perawatan hariannya, burung lovebird tersebut diberikan rawatan sebagaimana biasanya. Pada pagi hari kerodong dibuka lalu setelah itu burung dimandikan dengan cara disemprot. Penyemprotan bisa menggunakan shampo khusus untuk merapihkan dan membuat bulu lebih berkilau serta mencegah terinfeksi kutu atau tungau bulu.  

Pakan harian diberikan pakan biji-bijian yang berkualitas dengan merek yang tentu saja sangat anda percaya. Pakan tersebut harus memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan gizinya.  


Perawatan jelang lomba
 

Dua hari sebelum burung lovebird tersebut dilombakan, burung diberikan mandi dan jemur untuk yang terakhir kalinya. Setelah itu, berikan pakan berupa jagung muda sebanyak seperempat potong dan milet putih. 

Satu hari sebelum burung lovebird tersebut dilombakan, berikan pakan milet putih yang dicamput dengan canary seed.


Pada hari-H lomba burung lovebird diberikan satu batang kangkung. Sesampainya di lapangan atau tempat lomba, kerodong diuka setengahnya saja lalu burung dijemur sebentar, sesudah itu digantung di tempat sejuk dan kembali dikerodong.
 

Menjelang digantang, banyak lovebird mania yang mengeluarkan tempat pakan dan minumnya untuk tujuan agar si burung lebih fokus pada saingan-saingannya, sehingga mengurangi kemungkinan burung yang kebanyakan makan atau minum ketika lomba sedang berlangsung.







Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus