Begini cara mengobati mental kacer yang ngedrop

9/21/2015
cara mengatasi kacer yang drop mental

Kacer adalah burung petarung alami yang akan mati-matian membela wilayahnya dari cengkeraman kacer lain. Sifat tarungnya tersebut membuat banyak kicaumania tertarik untuk memeliharanya. Namun sebagaimana lazimnya burung bertipe fighter, ada saatnya mental mereka akan ngedrop, terutama ketika bertanding tidak disertai dengan kondisi yang fit.  Untuk mengobati mental kacer yang ngedrop, bisa melakukan beberapa tips berikut.

Karakter kacer yang jadi sangat agresif ketika melihat keberadaan burung lain di dekatnya bisa menjadi bumerang tersendiri jika tidak disertai dengan kondisi burung fit. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal berikut sebagai pencegahan agar kacer tidak mudah ngedrop mentalnya.
  1. Perhatikan kondisi burung ketika akan ditandingkan / dilombakan. Burung yang sudah dalam kondisi sangat fit tentu tidak akan mudah ngedrop apalagi ngebagong ketika ditandingkan dengan burung sejenis.  Untuk menjaga kondisinya itu, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu perawatan dari segi pemberian pakan terutama EF dan mandinya. 
  2. Menjaga sifat dan naluri fighternya dengan cara tidak menggantung berdekatan dengan burung sejenis maupun burung petarung lain seperti murai batu dan tledekan gunung. Kacer yang keseringan didekatkan dengan burung-burung tersebut, cenderung memiliki mental yang kurang baik dan mudah ngedrop mbagong ketika bertem lawan yang lebih tangguh darinya.

Jika burung kacer tersebut terlanjur alami drop mental, mau tak mau perawatan hariannya pun harus diatur ulang, di antaranya: 
  • Menempatkan burung di tempat yang jauh dari suara burung sejenis , atau tidak berdekatan dengan burung murai batu atau tledekan gunung.
  • Agar terapi berjalan efektif sebaiknya sangkarnya digantung di tempat yang sedikit lembab/basah, misalnya dekat air yang mengalir atau dekat kamar mandi.  Selama di tempat tersebut, burung harus diberikan pakan EF (Jangkrik, UH, Kroto, UJ) yang cukup banyak untuk menumbuhkan kembali mentalnya yang telah ngedrop.
  • Memberikan multivitamin mungkin penting untuk menjaga kondisinya.
  • Setelah burung dimandikan seperti biasa, penjemuran bisa dilakukan cukup 1 jam saja.
  • Untuk membantu meningkatkan mentalnya, kacer tersebut sebaiknya dilatih dalam kandang umbaran setiap 1 -  2 minggu sekali dengan waktu 2 - 3 jam. 

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close