Cara mandi malam untuk burung kicauan

9/30/2015
Mandi adalah bentuk perawatan yang tidak bisa diabaikan, terutama untuk menjaga kesegaran dan kebersihannya. Mandi wajib umumnya rutin dilakukan setiap pagi atau siang hari, tapi disamping itu ada salah satu bentuk mandi yang dilakukan diluar kebiasaan, yaitu mandi malam. Apa saja manfaat mandi malam dan bagaimana cara mandi malam untuk burung kicauan, akan kita simak ulasannya berikut ini. 

Cara mandi malam untuk burung kicauan



Mandi malam disebut juga sebagai salah satu bentuk perawatan diluar kebiasaan normal, hal ini umumnya dikenal sebagai terapi. Adapun manfaat mandi malam yang dipercaya banyak kicaumania adalah: 
  • Bisa membantu meningkatkan mental burung
  • Membantu dalam proses penjinakkan
  • Mengatasi dan mengurangi kondisi over birahi
  • Membantu merangsang burung agar lebih rajin berkicau
Setelah memahami apa manfaat mandi malam untuk burung kicauan, harus diperhatikan juga beberapa kondisi ketika akan memandikan burung peliharaan anda pada malam hari, yaitu: 
  • Memperhatikan kondisi suhu dan cuaca sekitar, jika suhu terlalu dingin atau sedang turun hujan maka mandi malam sebaiknya tidak perlu dilakukan. 
  • Memperhatikan kondisi kesehatan burung, burung yang sedang kurang sehat atau sedang sakit sebaiknya tidak diberikan mandi malam, karena hal ini justru akan membuat penyakitnya bertambah parah. Berikan kehangatan pada malam hari, misalnya menggantung sangkarnya di bawah cahaya lampu. 
  • Tidak semua jenis burung bisa diberikan terapi mandi malam, hanya burung-burung tertentu saja seperti lovebird, kacer, cendet, pleci, murai batu, dan sebagainya.

Mandi malam bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu, namun umumnya dilakukan antara pukul 19:30 sampai dengan pukul 20:30, di luar jam-jam tersebut burung dibiarkan beristirahat. 


Cara mandi malam untuk burung kicauan bisa dilakukan dengan cara penyemprotan menggunakan sprayer atau menggunakan bak mandinya di dalam ruangan yang dilengkapi dengan lampu terang. 

Setalah burung dimandikan, burung kemudian diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya yang masih basah. Pada saat itulah, burung diberikan pakan tambahannya seperti jangkrik atau kroto sebanyak satu sendok teh. 

Setelah bulu kering, sangkar dikerodong dan burung dibiarkan beristirahat sampai pagi hari. 


 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus