Cara perawatan agar burung selalu sehat dan terjaga kondisinya

9/11/2015
Merawat agar burung peliharaan selalu sehat dan terjaga kondisinya tidak hanya mengandalkan pakan yang berkualitas maupun pemberian multivitamin yang rutin saja. Penting juga untuk selalu menjaga kebersihan sangkar dan kerodong oleh karena kedua benda tersebut bisa menjadi media penyebaran penyakit. 

cara merawat burung dengan benar







Sangkar yang kotor bisa menjadi sarang bagi parasit seperti tungau atau kutu, selain itu juga bisa menjadi sarana penyebaran virus dan bakteri berbahaya. Begitu juga dengan kerodong yang sering digunakan sebagai penutup sangkar, kerodong yang selalu dipindah pakai akan menjadi media yang baik bagi penyebaran parasit.  

Karena itulah, ada baiknya mulai sekarang kita lebih baik mencegah daripada mengobati. Kandang yang dibiarkan kotor selama beberapa hari dan kerodong yang sering digunakan untuk menutup berbagai jenis burung peliharaan di rumah, sudah waktunya untuk dibersihkan. 

Membersihkan sangkarnya bisa dilakukan saat memandikan burung kesayangan anda itu dalam kandang karamba mandinya. Dalam rawatan rutin harian, sangkar bisa dibersihkan menggunakan kuas bersih untuk membersihkan bagian sela-sela jerujinya sedangkan untuk membuang kotoran yang ada di alas penampung kotoran dari sangkarnya bisa menggunakan 'kape' agar kotoran benar-benar bersih, sambil diguyur / disiram dengan air. 

Untuk perawatan mingguan, sangkar tersebut bisa diberikan 'desinfeksi' atau semprot kandang. Penyemprotan sangkarnya tersebut dilakukan dengan menggunakan cairan desinfektan yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan burung dan dilakukan setiap satu - dua kali seminggu. 

Sedangkan untuk kebersihan kerodong, anda bisa mencuci bersih kerodong yang sering digunakan itu dua hari sekali.  Dan perlu diingat sebaiknya masing-masing sangkar burung mempunyai kerodongnya sendiri-sendiri sehingga bisa terhindar dari penyebaran parasit atau kutu. 

Semoga manfaat

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait