Cara merawat lovebird jantan untuk lomba

9/09/2015
Membawa lovebird jantan ke arena lomba yang rata-rata dihuni oleh lovebird berjenis kelamin betina tentu bisa menimbulkan masalah tersendiri jika burung belum benar-benar berada dalam kondisi yang stabil. Untuk itu diperlukan tips-tips khusus agar lovebird jantan bisa tampil maksimal di lomba, berikut cara merawat lovebird jantan untuk lomba.

cara merawat lovebird jantan untuk lomba
Cara merawat lovebird jantan untuk lomba



Pada umumnya lovebird yang lazim dilombakan berjenis kelamin betina. Hal itu pula yang membuat mengapa jarang sekali ada yang melombakan lovebird jantan, kecuali misalnya lovebird tersebut sudah berada dalam kondisi yang cukup stabil. Jika tidak, maka kemungkinan yang bakal muncul adalah lovebird jantan tersebut akan terus menunjukkan perilaku gelisah, tak mau diam naik turun tenggeran hingga merayap di jeruji. Kalau sudah begitu, si pemiliknya lah yang akan kerepotan melihat tingkah gacoannya itu di lapangan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, para lovebird mania akan terlebih dahulu memberikan setingan dan perawatan khusus agar lovebird jantan tersebut bisa tahan banting ketika dilombakan di antara para betina. Jika kondisinya sudah stabil, maka ketika dilombakan mereka bisa tampil dengan sangat maksimal. Bahkan tak sedikit lovebird berjenis kelamin jantan yang berhasil jadi juara lomba.

Agar lovebird jantan bisa tampil maksimal ketika dilombakan, maka burung tersebut sebaiknya dipisahkan dari keberadaan lovebird lainnya, terutama pada lima hari (H-5) sebelum burung tersebut akan dilombakan.

Selama masa karantina tersebut, burung diberikan pakan tinggi nutrisi yang bisa didapat dari pakan biji-bijian yang penuh gizi dan bermutu. Selain itu, berikan juga pakan tambahan lain seperti sayur dan buah-buahan yang segar.


Untuk mendongkrak stamina dan mentalnya, tambahkan BirdPower dalam merawat lovebird jantan untuk lomba. BirdPower diberikan dengan cara dioleskan pada jagung muda yang terlebih dahulu disayat memanjang. BirdPower adalah produk dari Omkicau yang ditujukan untuk menambah power dan kegacoran pada burung, terutama pada burung yang akan dilombakan.

Masa-masa karantina dan pelatihan yang terpisah dari burung sejenis ditambah pemberian pakan tinggi gizi dan suplemen BirdPower, maka pada waktu lovebird tersebut dilombakan akan bisa tampil dengan lebih maksimal. Jika kondisinya memungkinkan, burung anda bisa menjadi juara di lomba tersebut.

Selain perawatan hariannya ada juga lovebird mania yang menerapkan metode 'charging' atau ditempel dengan burung betina dengan tujuan agar si jantan jadi makin agresif. Namun metode ini mengharuskan anda untuk selalu membawa pasangannya itu meskipun sedang dilombakan.


Itulah tips bagaimana mengatur setingan untuk burung lovebird jantan agar tampil lebih maksimal ketika dilombakan.

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close