close
close


Khasiat tanaman mengkudu untuk burung kicauan

Pohon mengkudu yang banyak tumbuh liar di sekitar pemukiman ternyata mempunyai manfaat lebih untuk burung peliharaan.  Sudah lama diyakini kalau daun dan buah mengkudu bisa menjadikan burung lebih rajin berkicau dengan suara yang nyaring. Berikut beberapa khasiat tanaman mengkudu untuk burung kicauan.

Khasiat mengkudu untuk burung kicauan
Daun dan buah mengkudu


Daun mengkudu untuk kenari 
 
Daun dari tanaman mengkudu yang masih muda bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kenari yang bersuara pelan, kenari mania di sini sudah lama beranggapan bahwa pucuk daun mengkudu yang masih muda bisa membantu mengatasi suara serak sekaligus memuat suaranya menjadi lebih kristal. 
Cara pemberiannya pun cukup mudah, anda tinggal mencari pucuk daun mengkudu muda lalu menggantungnya di dalam sangkar setelah dibersihkan, seperti menggantung sayuran untuk kenari. 


Buah mengkudu untuk burung ciblek dan trucukan

 
Selain daun tanaman mengkudu yang banyak dimanfaatkan untuk perawatan burung kenari, buah mengkudu pun ternyata banyak digunakan oleh kicau mania di Indonesia untuk membuat gacor burung peliharaannya, terutama jenis trucukan dan ciblek. 


Cara pemberiannya adalah dengan merebus satu buah mengkudu matang ke dalam panci berisi tiga gelas air bersih. Setelah air rebusan berubah warna kemudian di angkat lalu didinginkan. Setelah dingin, air rebusan buah mengkudu itu disaring dengan menggunakan kain bersih dan air saringannya itu lah yang diberikan sebagai air minum tambahan untuk burung cblek atau trucukan. Pemberian air rebusan buah mengkudu ini rutin diberikan selama tujuh hari berturut-turut. 


Itulah beberapa khasiat mengkudu untuk burung kicauan


Salam kicau!
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas