Mengatasi cendet yang super galak

9/13/2015
Selan sering bertingkah miyik atau manja, perilaku buruk burung cendet lainnya adalah galak. Bayangkan saja betapa menderitanya seorang kicaumania yang memiliki cendet galak sewaktu mengganti pakan atau air minumnya. Untuk mengurangi penderitaan, berikut tips mengatasi cendet yang galak. 
Mengatasi cendet yang galak


Cendet yang galak umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi yang menyertainya, di antaranya:
  • Burung yang memasuki masa birahi (masuk musim kawin). 
  • Rawatan yang kurang maksimal (Jarang mandi atau kurang jemur).
  • Kekurangan nutrisi.
  • Karakter bawaan dari burung.
Untuk mengatasi masalah cendet yang galak itu, beberapa perubahan dalam perawatannya bisa diterapkan, misalnya saja:

Mengatur ulang pemberian pakan tambahan (EF) yang diberikan pada burung tersebut setiap harinya. Misalnya jika anda selama ini rutin memberikan 10 ekor jangkrik setiap harinya pada pagi dan sore hari, maka untuk sementara waktu jatah mereka tersebut dikurangi sebanyak 50 - 70 persennya, misalnya menjadi 3 - 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore harinya. 

Namun jika selama ini cendet tersebut setiap harinya hanya diberikan jangkrik sebanyak 2 - 3 ekor perharinya , maka pengaturannya bisa dilakukan dengan menambah jatahnya, misalna menjadi 5 - 7 ekor perhari sampai kondisinya berangsur normal.  Setelah burung cendet tersebut kembali tampil dengan sifat aslinya alias tidak galak lagi, maka perawatan seperti biasa bisa diterapkan.
 

Cendet galak karena over birahi salah satu penyebabnya adalah penjemuran yang terlalu berlebihan sehingga untuk mengatasinya kita harus mengurangi durasi penjemurannya. Namun pada kasus cendet yang galak akibat faktor lain, penjemuran bisa menjadi bentuk perawatan yang harus diperhatikan. Jemur maksimal 1,5 - 2 jam setiap hari yang dimulai pada pukul 06:30 pagi hari atau setelah matahari terbit.  

Alternatif lain dari penjemuran adalah dengan pengembunan. Keluarkan cendet yang galak tersebut pada pagi-pagi hari sekali untuk tujuan pengembunan dan digantung di lokasi dimana cendet bisa mandi sinar matahari pagi saat terbit. 


Mandikan cendet yang galak sesering mungkin setiap harinya, jika perlu mandi bisa diberikan tiga kali sehari yang dilakukan pada pagi - siang - sore. Selain itu mandi malam bisa menjadi alternatif perawatan untuk menurunkan perilaku galak pada burung cendet.  


Mandi malam bisa dilakukan setelah pukul 19:30 hingga pukul 21:00, setelah burung dimandikan segera diangin-anginkan di tempat hangat berlampu, kemudian sangkarnya ditutupi dengan kerodong dan burung dibiarkan untuk beristirahat sampai waktunya pengembunan. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan terkait bagaimana mengatasi burung cendet yang galak. 


Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close