Cara menjemur burung yang baik

10/07/2015
Penjemuran sudah menjadi salah satu bentuk perawatan burung peliharaan yang rutin dilakukan setiap hari. Selain menjaga kondisinya, penjemuran juga membantu menguatkan bulu-bulu burung. 

cara menjemur burung yang baik



Namun menjemur burung pun ada aturannya, penjemuran yang dilakukan secara berlebihan justru menjadi kurang baik bagi kondisi burung itu sendiri. Berikut cara menjemur burung yang baik. 

Waktu yang tepat untuk menjemur burung sebaiknya dimulai sejak pagi hari, sekitar pukul 06:00 - 06:30 karena pada saat itu hawa dingin dan panas matahari bercampur menjadi sumber vitamin yang baik bagi burung.  


Waktu menjemur sebaiknya tidak lebih dari dua jam, atau tidak melebihi pukul 0930 - 10:00 siang, karena pada saat itu cahaya matahari akan berubah menjadi sangat terik dan bisa membuat burung mudah alami dehidrasi sehingga membuat burung selalu merasa panas dan kehausan. 


Menjemur burung secara berlebihan hanya akan memunculkan masalah baru pada burung tersebut , antara lain burung yang mudah serak, mata burung yang rentan terkena katarak, dan bulu yang menjadi kering dan mudah rusak.


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close