Inilah jenis-jenis kroto yang wajib diketahui kicaumania

10/24/2015
Tidak bisa dipungkiri, kroto merupakan jenis pakan yang paling dibutuhan untuk menjaga kondisi burung peliharaan tetap fit, aktif dan rajin bunyi. Di pasaran pun kroto dengan mudah didapatkan di toko-toko burung maupun di toko-toko yang menjual perlengkapan pancing. 

 jenis-jenis kroto yang wajib diketahui


Kroto adalah telur dan larva semut, namun yang paling umum digunakan sebagai pakan burung adalah kroto yang berasal dari semut rangrang. Kroto dari semut rangrang, cukup popular karena sangat mudah dibiakkan meskipun hanya menggunakan sarana toples saja.

Bagi kicaumania, perlu juga diketahui bahwa ada beberapa jenis kroto di pasaran, yang di antaranya adalah: 





Kroto halus
Kroto halus adalah kroto yang terdiri dari semut-semut pekerja yang berukuran besar maupun kecil. Kroto jenis ini cukup awet dan bisa digunakan selama lebih dari satu mingguan, namun kroto jenis ini sangat kurang disukai oleh burung. 


Kroto kasar
Kroto kasar adalah kroto yang merupakan campuran antara semut pekerja dengan indukan. kroto ini bisa cukup awet hingga satu minggu, namun hanya disukai oleh beberapa jenis burung saja.


Kroto basah
Kroto basah adalah kroto yang terdiri dari larva dan telur semut rangrang yang masih baru dan basah. Kroto basah paling disukai burung kicauan, namun jenis kroto ini tidaklah cukup awet dan hanya kuat bertahan satu hari saja, sehingga harus disimpan dalam lemari pendingin. 


Kroto kacang
Kroto kacang adalah jenis kroto yang merupakan campuran dari kroto halus, basah dan kroto kasar. kroto ini biasanya dicapur lagi dengan pakan lainnya seperti beras ketan, voer, milet atau biji-bijian lainnya. Cukup awet digunakan selama lebih dari 1 minggu, dan memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. 


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close