Lima cara agar burung lovebird cepat bertelur

10/29/2015
Lima cara agar burung lovebird cepat bertelur

Memelihara burung lovebird diluar keperluan lomba dan masteran rasanya kurang lengkap jika tidak disertai dengan pasangannya. Kalau nantinya lovebird tersebut berjodoh, kita tentu bisa memulai mencoba untuk menangkarkannya. 


Untuk membantu keberhasilan saat menangkarkan lovebird, berikut adalah tips agar burung lovebird cepat bertelur. 

Ada lima cara alternatif yang bisa dilakukan agar burung lovebird cepat bertelur, yaitu:

1. Menempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan, namun berbeda kandang. Cara ini dianggap cukup efektif karena suara dari lovebird betina lain yang sedang bertelur akan segera memancing lovebird betina lainnya yang belum bertelur untuk segera kawin dan bertelur. Menempatkan beberapa kandang ternak lovebird dalam satu ruangan memang bisa mempercepat proses produksi, dan cara ini sangat umum dilakukan oleh peternak lovebird kebanyakan.

2. Menggunakan lampu penerangan dengan cahaya full spektrum. Lampu full spektrum bisa membantu burung merasa nyaman berada di dalam kandangnya. Lampu ini memiliki suhu 5500 K (Kelvin) dengan cahaya yang menyerupai sinar matahari. Tempatkan lampu full spektrum ini di dalam ruangan atau di atas kandang ternaknya. Menjelang malam hari, lampu ini sebaiknya dimatikan untuk memberikan simulasi hari sehingga melancarkan metabolisme burung, termasuk ketika berkembangbiak.

3. Merubah pola pakan. Cara ini umum dilakukan jika burung lovebird betina tak jua bertelur. Mengganti pakan yang selama ini diberikan degan pakan yang bisa memicu hormon lovebird betina agar cepat bertelur. Ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan, di antaranya adalah tauge, biji kuaci, kangkung, dan tulang sotong.

4. Memasang kotak sarang atau glodok di dalam kandang ternaknya bisa memancing burung untuk segera merapihkan sarangnya dan bertelur. Namun sebaiknya gunakan glodok dengan ukuran yang sesuai untuk lovebird, karena di pasaran ada bermacam-macam tipe glodok yang digunakan untuk menangkarkan berbagai jenis burung.

5. Memberikan suplemen khusus breeding. Jika burung betina tak kunjung bertelur, maka kemungkinan besar birahi si jantan masih kurang cukup untuk segera mengawini si betina. Untuk itu menyediakan suplemen khusus penangkaran seperti BirdMature dari Omkicau bisa membantu mengatasi burung lovebird yang kurang berjodoh, tidak mau kawin atau tidak kunjung bertelur.


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close