Tips memandikan burung dengan cara dipegang

10/04/2015
Memandikan burung dengan cara dipegang sudah lama dilakukan para penggemar burung di Nusantara, hal tersebut dilakukan terutama untuk membuat burung peliharaannya menjadi jinak. Bentuk terapi ini memang cukup efektif dalam melatih burung liar menjadi jinak, karena itu pula memandikan burung dengan cara dipegang masih diterapkan sampai saat ini. 

memandikan burung dengan cara dipegang



Kalau jaman dahulu orang-orang tua kita sering sekali memandikan burung perkutut yang baru ditangkapnya. Menurut mereka, memandikan burung dengan cara dipegang itu adalah satu cara untuk menciptakan hubungan antara burung dengan perawatnya. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin dengan penuh kasih sayang, maka burung yang masih liar itu akan segera menjadi jinak dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Kini, penggemar burung di Indonesia sudah meningkat jumlahnya seiring dengan itu semakin banyak juga jenis-jenis burung peliharaan yang bisa ditemukan. Namun memandikan burung dengan cara dipegang masih tetap dan banyak dilakukan, terutama sebagai bentuk terapi penjinakkan burung yang masih giras. 


Waktu yang tepat jika ingin memandikan burung dengan cara dipegang adalah pada pagi hari sekitar pukul 06:30 sampai pukul 08:30 pagi. Cara memandikannya pun harus dilakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai burung tertekan kuat oleh tangan kita dan juga jangan sampai burung terlepas karena genggaman yang kurang kuat. 


Cara memandikan burung dengan tangan: 

  • Siapkan wadah yang berisi air bersih
  • Pegang burung dengan tangan dengan posisi kepala menyembul di antara jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan jari-jari tangan yang lain memegang tubuh burung. Posisi yang demikian adalah posisi aman dan nyaman bagi anda dan juga burung itu sendiri.
  • Mandikan burung dengan cara mengusap-usapkan air ke bagian tubuhnya menggunakan tangan yang masih bebas. Lakukan secara teratur sampai burung benar-benar basah kuyup. 
  • Setelah selesai masukkan kembali burung ke sangkarnya, lalu angin-anginkan selama 10-15 menit. 
  • Pada saat burung diangin-anginkan, berikan pakan tambahan (EF) seperti jangkrik atau kroto, setelah itu burung dijemur di bawah sinar matahari seperti biasanya. 

Manfaat memandikan burung dengan cara dipegang selain melatih burung agar menjadi lebih jinak, secara langsung juga bermanfaat dalam pelatihan fisik dan mentalnya. 


Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close