Bagaimana mengatur kondisi birahi lovebird

11/24/2015
Lovebird yang birahinya stabil tentu akan bermain biasa-biasa saja, namun jika birahinya sedikit memuncak maka penampilannya akan jadi luar biasa. Karena itulah banyak lb mania yang bermain-main dengan setingan birahi ini untuk tujuan agar burung mereka bisa tampil sesuai harapan. Untuk itu, tips berikut bagaimana mengatus kondisi birahi lovebird.

mengatur kondisi birahi lovebird



Selama ini, setingan birahi pada burung peliharaan dianggap cukup penting terutama bagi jenis burung yang rutin dilombakan. Namun perlu diingat bahwa pengaturan birahi sebaiknya sambil tetap memperhatikan kondisi burung itu sendiri. 

Jangan sampai burung yang sedang kurang fit dipaksakan untuk naik birahinya, alhasil burung pun akan jadi gampang OB atau over birahi atau dalam kasus terparah adalah burung yang menjadi macet bunyi atau mandeg. 

Untuk membantu anda dalam pengaturan birahi pada lovebird, berikut adalah tips bagaimana mengatur kondisi birahinya. 

  1. Cara menaikkan birahi lovebird
    Menaikkan birahi lovebird adalah dengan cara memandikannya dengan cara disemprot. Setelah itu, berikan pakan seperti tauge, biji kuaci, kangkung atau jagung muda dan burung dijemur secukupya. Setelah itu, burung dikerodong lalu dimaster dengan burung masterannya.
  2. Cara menurunkan birahi lovebird
    Untuk menurunkan birahi bisa dilakukan dengan mengurangi pakan-pakan tersebut di atas. Pakan cukup milet saja, setelah itu burung dijemur selama 1 jam, baru kemudian dimandikan. Setelah itu dibiarkan untuk beristirahat.
  3. Cara menstabilkan birahi lovebird
    Agar birahi lovebird stabil caranya adalah dengan memberinya pakan, lalu dimandikan setelah itu dijemur, baru kemudian dibiarkan beristirahat dengan cara dikerodong. 

Secara umum, untuk burung lovebird yang rutin dilombakan penjemuran biasanya berlangsung selama 3 jam sehari yaitu 1 jam pada pagi hari dan dua jam pada sore harinya. 

Salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close