Burung liar lebih pilih pasangan daripada makanan

12/07/2015
Sebuah hasil penelitian yang cukup menarik baru-baru ini diungkapkan para ahli zoologi dari Universitas Oxford. Dalam penelitiannya itu ditemukan bahwa burung liar lebih memilih pasangan ketimbang makanan, rupanya hal itu dilakukan agar burung tersebut bisa memanfaatkan pasangannya untuk mendapatkan makanan gratis. 

burung liar


Dalam penelitian yang telah dipublikasikan di Current Biology menemukan ternyata burung-burung liar akan lebih memilih berdekatan dengan pasangannya di musim dingin daripada berdekatan dengan sumber makanan. Penelitian ini juga menunjukkan betapa pentingnya hubungan sosial antar burung dan juga kemampuan mereka dalam mendapatkan makanan.

Penelitian atas perilaku burung liar tersebut dilakukan di Wytham Woods lahan sebelah barat dari kampus Oxford. Dalam penelitiannya itu mereka melakukan pengujian terhadap beberapa pasang burung liar. Dari masing-masing pasangan burung tersebut , salah satunya akan mendapat akses yang mudah ke makanan yang tersimpan dalam feeder otomatis, sedangkan pasangannya tidak mendapatkan akses pada makanan sama sekali.

Hasilnya, burung yang tidak memiliki akses pada makannya itu akan berusaha untuk berdekatan dengan pasangannya itu untuk bisa mendapakan makanan secara gratis.  Sifat tersebut menunjukkan bahwa burung liar lebih memilih mempertahankan hubungannya dengan pasangan, lalu akan membantu pasangannya itu untuk mendapatkan makanan.  

"Pilihan untuk tetap dekat dengan pasangan mereka daripada mendapatkan akses makanan menunjukkan bagaimana keputusan setiap burung dalam jangka pendek, yang mungkin muncul sub-optimal," kata ilmuwan Josh Firth.

"Sebenarnya ini bisa dibentuk untuk mendapatkan manfaat jangka panjang dari mempertahankan hubungan utama mereka. Misalnya, induk yang baik membutuhkan pasangan untuk dapat mereproduksi dan membesarkan anak-anaknya. Oleh karena itu, bahkan pada hewan liar, perilaku individu dapat diatur untuk tujuan akomodasi kebutuhan mereka yang melekat secara sosial," tambahnya.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti juga mendapati kemungkinan bahwa burung liar akan saling berbagi makanan dengan burung lain yang berada dalam satu sarang. Hal itu biasanya terjadi atas keputuran pasangannya atau si burung itu sendiri.

Semoga bermanfaat


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait