Burung menjadi pembawa pesan bagi perubahan iklim

12/01/2015
Di masa lalu, burung sudah biasa dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan. Pada masa kini, burung pun ternyata bisa menjadi pembawa pesan dari alam, terutama yang berkaitan dengan perubahan iklim.  

burung dan perubahan iklim
(Image : Nasa.gov)


Dalam penelitian yang dilakukan BirdLife International bersama Audubon Society, Amerika Serikat terhadap berbagai jenis burung menemukan dampak perubahan iklim terhadap kehidupan. Melihat pengaruhnya terhadap beragam jenis burung, tampak jelas bahwa perubahan iklim yang terjadi umumnya membawa dampak negatif. 

Di Eropa, kenaikan suhu rata-rata setiap tahunnya membuat burung yang biasa beradaptasi dengan suhu dingin ternyata kian menurn populasinya. Namun sebaliknya, jenis burung yang beradaptasi dengan suhu hangat justru semakin berlimpah populasinya. Terkait hal tersebut, penyebaran burung di kawasan Eropa dan Amerika semakin bergeser ke arah utara atau semakin dekat ke wilayah kutub. 


Sedangkan di Kalimantan serta beberapa tempat lain di dunia, burung-burung yang bermukim di pegunungan semakin bergeser ke kawasan puncak atau wilayah yang lebih tinggi.  


"Berdasaran laporan dari BirdLife International, sebanyak 41% jenis burung yang berada di pegunungan Kalimantan bergeser ke elevasi yang lebih tinggi. Selebihnya, yaitu sebanyak 35% tidak bergeser persebarannya dan 24% bergeser ke bawah," kata Jihad, Bird Conservation Officer Burung Indonesia seperti dilansir dari burung.org.


Situasi yang paling buruk terjadi di Meksiko, di mana beberapa daerah yang dianggap penting bagi keragaman hayati mulai kehilangan beberapa jenis burung endemis akibat perubahan suhu seiring dengan perubahan iklim. 


"Laporan ini memuat berbagai bukti yang mengejutkan dari belahan dunia bahwa perubahan iklim telah memberikan dampak negatif bagi populasi berbagai spesies," ujar Dr Stuart Butchart, Head of Science, BirdLife International. 


Tak hanya memaparkan berbagai bukti-bukti nyata akibat perubahan iklim, dalam laporannya, BirdLife juga menyampaikan solusi berbasis alam yang telah diterapkan di berbagai tempat dalam rangka mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim terhadap spesies, ekosistem dan juga manusia. 


Di Inggris misalnya. sebuah lokasi berbiak baru telah disiapkan untuk menyelamatkan spesies Eurasian Bittern dari ancaman kepunahan akibat pulau tempatnya berbiak terancam tenggelam oleh semakin tingginya permukaan air laut. 


sumber : Burung Indonesia

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...