Suara kenari waterslager yang bergemuruh bak air terjun

12/19/2015
Salah satu jenis kenari yang juga memiliki banyak peminatnya adalah kenari waterslager. Kenari waterslager merupakan satu dari tiga jenis kenari yang diakui oleh World Ornithologic Organization atau Organisasi Ahli Burung Dunia, dua jenis lainnya adalah Spanish Timbrado dan German Harz Roller. Masing-masing jenis kenari tersebut memiliki lagu-lagu yang khas dan mudah dikenal meskipun oleh pemula.

waterslager
Kenari waterslager


Kenari waterslager cukup terkenal karena alunan lagunya yang merdu bak suara air terjun yang bergemuruh. Sesuai perkembangannya pemasteran kenari waterslager tak hanya mengandalkan suara air saja, namun juga bisa dilatih dengan beragam suara seperti dentingan logam, suara koin jatuh, suara lonceng dan sebagainya. 

Konon kabarnya, proses pembentukan suara kenari waterslager hingga menjadi suara yang kita kenal telah memakan waktu yang cukup panjang, yaitu lebih dari 150 tahun!.

Kenari waterslager dikenal juga dengan sebutan waterslager belgia, kenari penyanyi waterslager, kenari malinois maupun penyanyi air. Kenari ini masuk dalam jenis kenari penyanyi yang cukup berharga dengan alunan lagu yang seperti air mendidih.

Terkadang masih banyak penggemar burung kenari di Indonesia yang belum mengerti seperti apa sebenarnya kenari waterslager, sehingga banyak yang mengaku memiliki kenari tersebut untuk kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi dari kenari standar. Padahal kenari waterslager memiliki lagu yang sangat berbeda dari jenis kenari lainnya. Alunan lagunya lebih terdengar mirip alunan air yang bergemuruh (ngagolak: Sunda), bahkan kenari ini bisa juga berkicau seperti burung nightingale dengan durasi yang cukup bervariasi, bisa panjang bisa juga pendek.

Ukuran kenari waterslager mirip seperti kenari jenis lainnya hanya saja paruhnya lebih lancip dan tajam dari yang lainnya. Jika merasa nyaman burung ini akan menaikkan bulu-bulu yang ada di belakang kepalanya hingga tampak seperti jambul.

Posturnya mirip kenari Holland biasa, warnanya mayoritas berwarna kuning meski sudah banyak kenari ini yang memiliki warna putih bahkan warna lainnya. 

Walaupun begitu, kenari waterslager jarang yang bisa berkicau dengan lantang, karena kecenderungan membawakan lagu-lagu yang panjang. Jadi akan sangat ideal jika kenari ini ditempatkan dalam ruangan yang sunyi atau terpisah dari suara burung lainnya yang bersuara keras dan berisik.

Berikut video kenari waterslager



Semoga manfaat dan Salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close