Tips perawatan cucak hijau di musim hujan

12/21/2015
Selama musim penghujan, cucak hijau yang tadinya rajin bunyi atau gacor cenderung mengurangi intensitas kicauannya dan lebih banyak ngeriwik. Jika kondisi ini dibiarkan tentu bisa mengganggu penampilannya, terutama untuk burung yang sering dilombakan. Tips perawatan cucak hijau di musim hujan berikut ini bisa membantu anda menjaga kondisi burung tetap fit dan tetap gacor.

burung musim hujan



Pola perawatan burung cucak hijau di musim hujan tentu berbeda dengan saat musim panas atau kemarau. Pada musim hujan, perawatannya relatif lebih sulit oleh karena keterbatasan cuaca dan kondisi suhu yang kadang kurang memungkinkan untuk menerapkan perawatan yang rutin.  

Namun dengan melakukan beberapa tips berikut ini, burung cucak hijau anda akan tetap stabil dan rajin bunyi meskipun sedang memasuki musim penghujan. 

  1. Selama musim penghujan, suhu biasanya akan menjadi lebih dingin dari biasanya. Oleh karena itu, burung cucak hijau sebaiknya digantung di dalam ruangan yang hangat terutama pada malam hari. 
  2. Jika burung terbiasa dikerodong, maka berikan full kerodong menjelang malam hari hingga pagi hari.
  3. Berikan pakan tambahan (EF) jangkrik lebih banyak dari biasanya.
  4. Berikan ulat kandang setiap hari sebanyak satu sendok teh pada pagi hari, dan ulat hongkong sebanyak 2 - 3 ekor pada sore harinya. 
  5. Pada waktu musim hujan, cahaya matahari menjadi satu hal yang langka karena itu segera ambil kesempatan untuk menjemurnya saat cahaya matahari muncul baik di pagi, siang atau sore hari. 
  6. Saat hujan turun disertai dengan angin kencang, sebaiknya ungsikan semua burung peliharaan anda ke dalam rumah atau ruangan. Hembusan angin yang dingin bisa mengganggu kesehatan burung dan rentan membuat burung ngedrop. 
  7. Jika burung akan dibawa ke lapangan, berikan tambahan ulat hongkong untuk menjaga kondisinya selama bertanding. 
  8. Jangan lupa berikan BirdVit untuk menjaga kondisi dan stamina burung agar tetap sehat dan rajin berbunyi. 
Itulah beberapa tips bagaimana merawat burung cucak hijau di musim hujan. 

Salam kicau!


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close