Cegah dan atasi tungau merah, drakula yang gemar menghisap darah burung

1/14/2016
Tak hanya kutu bulu saja yang mengganggu burung peliharaan, namun tungau kecil yang berwarna merah ini bisa menjadi mahluk yang paling membahayakan momongan kita itu. Tungau merah atau red mite (Dermanyssus gallinae) adalah sejenis tungau yang kerap bersembunyi di dalam celah-celah sangkar dan hidup dengan cara menghisap darah burung di dalamnya. Karena sifat parasitnya menghisap darah, tungau merah sering disebut sebagai drakulanya burung. 

membasmi tungau sangkar
Tungau Merah

Coba perhatikan celah-celah dari sangkar burung yang anda miliki, jika terdapat banyak bercak-bercak berwarna merah maka itu artinya sangkar telah terinfeksi oleh tungau merah ini. Jika masih ada burung di dalamnya segera pindahkan ke dalam sangkar lain yang lebih bersih untuk mencegah penyebarannya lebih meluas.

Menjaga kebersihan sangkar adalah satu hal yang wajib dilakukan kicaumania jika ingin momongannya itu tetap sehat dan terjaga kondisinya. Sangkar yang kurang bersih beresiko terinfeksi bakteri, kutu maupun parasit seperti tungau merah ini. Jika burung terserang oleh tungau merah, maka mereka cenderung akan menjadi malas berbunyi.  


tungau merah di sangkar
Tanda-tanda keberadaan tungau merah dalam sangkar

Seperti halnya kutu busuk, tungau merah atau red mite akan menyerang burung saat mereka sedang istirahat atau tertidur, pada saat itulah tungau merah akan menghisap darah korbannya sampai merasa kenyang, setelah itu kembali bersembunyi di tempat persembunyiannya. 


Untuk membasmi drakula ini tidak cukup dengan membersihkan sangkarnya menggunakan air saja namun harus dilakukan pencegahan dan pembersihan menggunakan carian desinfektan yang dibuat khusus untuk itu. 


Selain menggunakan desinfektan, untuk membasmi tungau merah ini para pemilik burung di luar negeri banyak yang menggunakan cara yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya yaitu membasmi tungau dengan tungau predator. Tungau predator ini nantinya yang akan mencari dan memangsa si tungau merah hingga bersih tak tersisa. Jika tidak ada mangsa lagi, maka tungau predator itu akan mati dengan sendirinya.


Salah satu desinfektan yang bisa digunakan adalah Fresh Aves, sedangkan alternatifnya adalah memanfaatkan air perasan jeruk sebagaimana dikupas dalam tulisan sebelumnya di sini.


Air perasan jeruk untuk membersihkan sangkar 

Mulai sekarang, periksalah sangkar anda apakah ada tanda-tanda keberadaan tungau merah ini? jika ada segera lakukan pembersihan dari sekarang sebelum mereka menyebar lebih luas lagi. 


Semoga manfaat 
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait