Mengenali ciri-ciri cucak hijau banyuwangi

1/13/2016
Salah satu jenis burung yang paling terkenal dan banyak dicari adalah yang berasal dari daerah Banyuwangi. Karena tingginya permintaan terhadap cucak ijo asal Banyuwangi ini membuat harga jualnya pun lebih tinggi dari Cucak hijau asal daerah lain seperti Sumatera dan Kalimantan. Untuk membantu memilih burung yang tepat, berikut tips mengenali ciri-ciri cucak hijau banyuwangi. 

ciri-ciri cucak hijau banyuwangi


Ada bermacam jenis burung cucak hijau di pasaran, mulai dari yang bertubuh kecil hingga besar sampai yang berasal dari Jawa, Sumatera hingga Kalimantan. Namun di antara jenis-jenisnya tersebut, Cucak ijo banyuwangi adalah yang paling banyak dicari. 


Mengutip pengalaman dari para CI mania sebutan untuk para penggemar burung cucak hijau di Indonesia, berikut tips bagaimana mengenali ciri-ciri cucak hijau banyuwangi. 


  • Secara umum, cucak hijau banyuwangi mempunyai tubuh panjang dengan postur sedikit melengkung. Meski begitu, tidak semua jenis cucak hijau dari daerah ini memiliki tubuh besar, karena ada juga yang bertubuh sedang/medium namun dengan ukuran tubuh panjang dan postur melengkung.
     
  • Warna hijau yang dimilikinya cukup jelas dan terang,  sedangkan burung yang berasal dari daerah lain cenderung memiliki bulu berwarna hijau bercampur kekuningan.
     
  • Bulu ekor cucak hijau banyuwangi lebih panjang dengan bentuk melengkung dan lebih lentur.
     
  • Jika sedang emosi (ngentrok), bulu-bulu di kepalanya akan berdiri (jegrik), dengan gaya yang cukup atraktif.

Kicauannya terkadang seperti kurang variasi atau monoton dan kurang tajam, namun jika sedang dilombakan suaranya bisa sangat kencang dan penuh variasi. 
Itulah beberapa ciri-ciri burung cucak hijau banyuwangi, meski begitu semua jenis burung cucak hijau tak peduli berasal dari daerah mana tetap merupakan burung kicauan yang memiliki kecerdasan dan pintar meniru dengan cepat suara masterannya. 


Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...