Mengurangi dampak over birahi pada burung kenari

1/19/2016
Dalam kondisi normal, burung kenari membutuhkan birahi yang stabil agar hariannya tetap rajin berkicau. Namun ketika birahi burung mulai memuncak dan tak terlampiaskan, akibatnya burung cenderung  menunjukkan perilaku berbeda dari yang biasanya. Kondisi ini dikenal dengan sebutan over birahi atau OB



kenari over birahi
Kenari over birahi
Ada beberapa faktor yang bisa memicu kondisi over birahi pada burung kenari, salah satunya adalah faktor pakan yang dikonsumsinya. Pakan harian yang terlalu monoton atau itu-itu saja dan tidak berubah menunya setiap hari cenderung membuat burung mudah alami over birahi, selain itu pemberian doping terutama dari obat-obatan bisa menjadi penyebab kondisi tersebut. 

Yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi over birahi tersebut adalah mengurangi dampaknya dengan menerapkan beberapa perawatan sebagai berikut: 

  1. Mengurangi / menghentikan pemberian pakan yang bisa meningkatkan birahinya, seperti telur puyuh, kroto, atau buah apel.
  2. Memberikan daun sawi/selada dan mentimun sebagai pakan tambahannya.
  3. Menghentikan pakan atau obat-obatan yang bersifat doping.  Sebaiknya hentikan sebelum burung ketagihan.
  4. Mulai merutinkan mandi secara teratur.
  5. Jika over birahi terlalu sulit diatasi, maka satu-satunya cara adalah dengan mengawinkannya atau memberinya burung betina untuk melampiaskan birahinya itu.
Beberapa hal di atas bisa membantu mengurangi dampak birahi yang berlebihan pada burung kenari, setelah kondisinya kembali normal, maka perawatan hariannya pun dikembalikan seperti semula. 

Semoga manfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus