Ragam terapi untuk atasi kacer yang suka mbagong

1/05/2016

Ada ungkapan di kalangan kicaumania yaitu "jangan pelihara kacer kalau tak mau mbagong", ungkapan pemberi semangat itu umumnya ditujukan bagi kacer mania yang sering mengeluh lantaran kacer miliknya yang selalu menunjukkan perilaku mbagong. Untuk membantu mengurangi masalah tersebut, berikut ragam terapi untuk atasi kacer mbagong.


kacer mbagong


Hingga kini penyebab mengapa kacer mbagong masih menjadi pertanyaan banyak kicaumania, namun yang jelas perilaku tersebut muncul berkaitan dengan perawatan dan juga karakter dari burung itu sendiri. Untuk meminimalisir kondisi tersebut biasanya dilakukan dengan terapi, termasuk terapi mandi pasir yang cukup populer di kalangan kicaumania.

Penanganan kacer mbagong umumnya dilakukan oleh banyak kicaumania dengan metode yang berbeda-beda. Namun di sini, omkicau akan merangkum semua metode tersebut sebagai tambahan pengetahuan dan juga bisa diterapkan sebagai cara alternatif jika cara yang biasa dilakukan dirasa kurang memuaskan. Berikut beberapa rangkuman terapi untuk atasi kacer mbagong.


Terapi kandang umbaran ++ 


Meminimalisir mbagong pada burung kacer bisa dilakukan dengan memanfaatkan kadang umbaran. Latihlah burung tersebut dalam kandang umbarannya setiap hari. Selama pelatihannya, tenggeran dibuat saling berjauhan, begitu pula dengan cepuk pakan dan minumnya yang dibuat saling berjauhan.  Berbeda dengan cara pengumbaran burung seperi biasanya, dalam terapi kacer mbagong ini kandang umbaran digunakan sebagai  sangkar hariannya yang hanya digunakan pada pagi hingga sore harinya. 


Meminimalisir kondisi mbagong pada burung kacer bisa dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran. Latihlah burung tersebut dalam kandang umbarannya setiap hari. Selama pelatihannya itu, tenggeran yang digunakan berjumlah dua buah yang dipasang saling berjauhan, begitu pula dengan cepuk pakan dan minumnya yang ditempatkan berjauhan. Berbeda dengan pengumbaran burung seperti biasanya, dalam terapi ini kandang umbaran digunakan sebagai sangkar harian yang digunakan pada pagi hingga sore harinya. Selama berada dalam kandang umbarannya itu, pemberian pakan tambahan atau EF mulai diatur ulang.


Dalam penerapannya itu, terkadang ada kicaumania yang memasukkan burung betina ke dalam kandang umbaran yang berisi kacer jantan tersebut. Tujuannya adalah sebagai pelampiasan birahi jika kondisi mbagong muncul akibat burung yang terlalu birahi. Selain itu, tidak sedikit juga kicaumania yang memasukkan burung kecil dari jenis lainnya sebagai bahan unthulan untuk mengasah mental dan memunculkan kembali sifat fighternya. 


Mandi malam  


 Terapi mandi malam ini biasanya dilakukan secara rutin setiap hari atau beberapa hari sekali dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan suhu sekitar.  Terapi ini menjadi salah satu metode alternatif yang dianggap bisa membantu mengurangi kondisi mbagong pada burung kacer. Setelah burung dimandikan, lalu diberikan pelatihan dengan memutarkan suara burung sejenis dari  perangkat mp3 anda. 


Pada waktu memutar suara burung dari mp3 tersebut, sebaiknya volume suara mp3 tersebut diatur dari ukuran volume sedang hingga keras, tujuannya untuk membiasakan burung dengan suara kencang sehingga tidak mudah mbagong akibat terkejut atau langsung ngedrop setelah mendengar suara burung lain yang kencang. 


Lakukan terapi ini secara rutin, sampai burung kacer tersebut alami perkembangan yang cukup berarti. 


Karantina 

 
Metode alternatif lain yang diyakini cukup bisa membantu mengurangi perilaku mbagong pada burung kacer adalah memisahkan burung tersebut dari keberadaan burung sejenis atau burung lain yang gacor (dikarantina / disendirikan) selama beberapa minggu. Selama dalam karantina, kacer tersebut bisa diberikan terapi full kerodong jika kondisinya terlalu over birahi atau terlalu galak, dan selama masa terapinya pemberian EF mulai dikurangi sampai kondisi burung benar-benar kembali normal. 


Sebagian lain beranggapan pemberian kerodong sebaiknya tidak diberikan selama masa karantina tersebut, namun jatah EF dihilangkan alias burung hanya diberikan pakan voer dan air minumnya saja. Masa karantina biasanya berlangsung selama dua minggu- satu bulan. Setiap 1 - 2 minggu sekali, kacer tersebut dimandikan lalu setelah itu diberikan pakan kroto sebanyak satu sendok teh dan jangkrik sebanyak 3 - 5 ekor. 


Itulah rangkuman beberapa terapi untuk mengatasi kacer yang sering mbagong. Sangat sulit memang menghilangkan perilaku tersebut apalagi jika sudah menjadi kebiasaan si burung, karena itulah satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi atau meminimalisir kondisi tersebut. 


Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close