Pleci butuh banyak cairan untuk tetap aktif

2/15/2016
Banyak orang beranggapan bahwa pemberian jeruk, pepaya, dan apel kurang bagus jika diberikan pada burung pleci dengan alasan menyebabkan diare. Anggapan tersebut salah besar, kemungkinan anggapan penyebab diare muncul setelah melihat kotoran dari pleci yang berbentuk cair setelah mengkosumsi buah-buahan tersebut.


Buah-buahan seperti jeruk dan pepaya mengandung serat yang baik untuk burung, serat inilah yang dicerna oleh tubuh burung sehingga menyebabkan kotoran pleci berbentuk cairan yang terkadang warnanya mirip dengan warna dari buah yang dikonsumsinya.

pleci nektar


Burung yang aktif seperti pleci membutuhkan banyak cairan untuk mendukung aktivitasnya itu, apalagi pleci dikenal sebagai jenis burung yang gemar bertualang dari satu pohon ke pohon lain yang kadang jaraknya bisa berpuluh-puluh meter jauhnya. Jadi dalam hal ini, pleci lebih menyukai cairan yang terkandung dalam buah-buahan tersebut.

Selain cairan yang berasal dari buah-buahan, pleci pun sering mematuki bunga-bungaan, terutama bunga yang ada di pohon buah-buahan untuk mengambil sari bunga yang dikenal dengan sebutan nektar. Nektar ini rasanya sangat manis dan bisa membantunya dalam pemulihan energi setelah melakukan penerbangan yang cukup jauh.

Nektar yang baik adalah nektar yang berasal langsung dari tanaman bunga, namun cairan nektar tersebut mudah sekali menguap sehingga bisa merepotkan kita saat mengumpulkannya. Alternatifnya adalah dengan memberikan pakan pengganti nektar seperti air madu atau air gula.

Air madu pengganti nektar

Air madu ditempatkan dalam cepuk terpisah berukuran kecil, lalu disimpan di dalam sangkarnya. Madu yang digunakan sebaiknya madu yang asli dan tidak mengandung bahan pengawet maupun gula buatan (kimia).

Air gula pengganti nektar

Air gula dibuat dengan cara mencampurkan 20 mili liter gula putih dengan 80 mili liter air bersih, setelah itu direbus hingga mendidih sambil di aduk hingga merata. Setelah itu dinginkan dalam lemari pendingin, lalu berikan dalam cepuk terpisah berukuran kecil.

Salam 



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close