Tips perawatan burung kolibri ninja

2/17/2016
Kolibri ninja adalah jenis burung kicauan paling populer dan banyak dicari penggemar burung di Indonesia. Jenis burung ini sebenarnya bernama burung-madu namun tampaknya orang kita lebih senang menyebutnya sebagai kolibri. Berikut adalah bagaimana merawat burung kolibri ninja agar lebih rajin bunyi.

Tips perawatan burung kolibri ninja
Kolibri ninja atau burung-madu bakau


Kolibri ninja dalam bahasa resmi memiliki nama burung-madu bakau (Nectarinia calcostetha).  Spesies ini memiliki tubuh berwarna kehitaman. Burung jantan mempunyai tubuh bagian atas berwarna hitam mengkilap kehijauan, setrip kumis dan dada berwarna ungu, tenggorokan dan dada berwarna tembaga gelap mengkilap. Burung betina memiliki kepala berwarna abu-abu, punggung zaitun, tenggorokan keputihan, perut kuning kotor, serta penutup ekor bawah berwarna putih.

Penampilan kolibri ninja jantan (kiri) dan betina


Penampilan burung-madu bakau atau kolibri ninja sangat mirip dengan burung-madu pengantin, namun bedanya tidakmemiliki warna merah di bagian dada, sisi tubuh kuning dan juga ukurannya yang lebih besar. Penyebaran burung-madu bakau atau kolibri ninja ini terdapat di Asia Tenggara, Palawan, Semenanjung Malaysia dan di kawasan Sunda Besar.

Perawatan kolibri ninja agar rajin bunyi 

Sebelum memulai perawatan hariannya, sebaiknya anda sudah memiliki seekor burung yang berjenis kelamin jantan. Burung jantan dikenal mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi dari burung betina, selain itu punya gaya berkicau yang sangat khas.

Pemberian pakan adalah hal yang paling utama dalam perawatan hariannya, di alam liar kolibri ninja memakan serangga-serangga kecil terutama laba-laba dan juga menghisap nektar atau cairan manis yang berasal dari sari bunga. Dalam perawatan hariannya, kedua jenis pakan tersebut harus disediakan agar burung tetap aktif sehingga rajin berbunyi.

Pakan yang bisa disediakan antara lain: kroto berupa telur dan larva semut, laba-laba kecil (jika ada), air nektar atau air gula alternatifnya adalah air madu, dan voer halus jika burung sudah terbiasa mengkonsumsinya.

Perawatan harian kolibri ninja:
  • Pagi hari burung dikeluarkan lalu dijemur sebentar di bawah sinar matahari pagi.
  • Setelah beberapa menit, burung dimandikan dengan cara mandi cepuk atau disemprot dengan sprayer.
  • Setelah mandi, burung kembali dijemur selama 30 menit.
  • Berikan kroto segar yang bersih sebanyak satu sendok teh kecil.
  • Setiap beberapa hari sekali burung diberikan pakan ulat kandang.
  • Jka ada berikan laba-laba kecil yang tidak berbahaya baik bagi perawatnya maupun burung yang mengkonsumsinya, alternatifnya adalah memberikan serangga jenis lainnya.
  • Berikan air nektar yang bisa dibuat dengan tepung nektar, atau membuat nektar buatan dengan mencampurkan gula putih secukupnya dalam satu gelas air. Selain itu bisa juga memberikan madu alam dalam cepuk minumnya.
  • Air gula atau nektar ini sebaiknya diganti setiap hari karena rentan terkena bakteri jika disimpan terlalu lama atau lebih dari 24 jam.
  • Setelah penjemuran, burung digantung di tempat sejuk dan diberikan pemasteran.
  • Sore harinya, burung dikerodong sampai pagi hari.

Perlu diketahui juga bahwa Semua jenis burung-madu adalah jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah melalui PP No 7/1999. Salah satu alasan dilindunginya burung-madu adalah jenis burung ini turut berperan dalam penyerbukan tanaman dan hutan, tanpa adanya burung-madu maka ekosistem hutan akan terganggu.

Salam

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close