Tips perawatan dan melatih mental kolibri ninja

2/20/2016
Burung-madu atau banyak orang menyebutnya dengan sebutan kolibri menjadi jenis burung yang banyak dipelihara setelah pleci. Jenis kolibri yang paling banyak disukai adalah dari jenis kolibri ninja, burung ini mempunyai gaya unik sewaktu bertarung yang disebut ngobra. Tips berikut mengulas tentang cara merawat dan bagaimana melatih mental kolibri ninja agar siap lomba.

cara melatih mental kolibri ninja
cara melatih mental kolibri ninja


Kolibri ninja memiliki nama resmi burung-madu bakau atau Copper-throated sunbirds (Leptocoma calcostetha) , spesies ini memiliki tubuh yan didominasi bulu berwarna hitam mengkilap kebiruan. Jenis ini cukup popular dan memiliki banyak penggemarnya , sampai-sampai banyak EO di beberapa daerah mencantumkan kelas kolibri dalam even latberan atau lomba burug yang dikelolanya.

Dalam perawatan hariannya, tidak sedikit kicaumania terutama pemula yang mengaku cukup kesulitan lantara burung yang rentan sakit atau mati akibat kekurangan pakan. Apalagi jika dalam perawatan hariannya hanya disuguhi pakan berupa air gula dengan serangga yang diberikan kadang-kadang.

Untuk menjaga kondisinya setiap hari, sebenarnya bisa dilakukan dengan melatih burung agar mau memakan voer, dengan begitu pakannya akan selalu terjaga walaupun burung ditinggal untuk bekerja atau ketika kita kesulitan mencari pakan serangga yang dibutuhkan.

Pakan voer yang diberikan pun harus yang memiliki kandungan tinggi protein, karena spesies burung-madu dikenal sangat atraktif, sehingga membutuhkan lebih banyak energi agar burung tetap aktif dan rajin berkicau. Untuk mendukung hal tersebut, banyak kicaumania yang membuat sendiri voer racikan karena dianggapnya lebih terjamin kandungan dan bahan-bahan yang digunakan.

Adapun voer racikan yang bisa dibuat untuk disajikan pada burung kolibri kesayangan anda antara lain menggunakan bahan-bahan seperti udang, kuning telur, wortel dan kacang kedelai. Bahan-bahan tersebut cukup baik diberikan sebagai penambah stamina dan menjaga burung tetap aktif, lincah dan lebih rajin berkicau. Sedangkan untuk cara pembuatannya anda bisa meniru seperti cara berikut:


Untuk melatih burung agar mau memakan voernya bisa dilakukan dengan mencampurkan sejumpur kroto segar ke dalam pakan voer yang baru anda buat. Seperti halnya pleci, kolibri dikenal cukup cepat dan mudah beradaptasi dengan pakan voernya tersebut.

Melatih mental burung kolibri ninja

Satu hal yang lazim dilakukan oleh kolibri mania adalah menguji kemampuan burung peliharaannya dengan cara latihan bersama rekan satu komunitas dalam sebuah latberan atau lomba burung. Hal ini dilaukan untuk mengetahui sejauh mana daya tarung dan mental yang dipunyai burung tersebut.

Tak sedikit juga burung yang cenderung diam saja ketika dilombakan, atau hanya bergaya ngobra tapi tidak mau mengeluarkan ocehannya. Hal tersebut umumnya terjadi akibat burung belum memiliki mental yang cukup atau belum berpengalaman, sehingga perlu dilatih terlebih dahulu sebelum siap untuk dilombakan.
Cara melatih mental burung tersebut antara lain dengan:
  • Memberikan perawatan yang rutin, mulai dari pengembunan, mandi, jemur dan menjaga kebersihan sangkarnya.
  • Memberikan pakan tambahan seperti nektar (alternatifnya adalah air gula atau madu) dan serangga seperti kroto, laba-laba kecil dan ulat hongkong putih.
  • Jika memelihara lebih dari satu burung maka burung tersebut harus disendirikan selama beberapa hari dalam seminggu, misalnya tiga - empat hari seminggu terutama menjelang dilombakan. Selama disendirikan itu, burung bisa diberkan pemasteran melalui audio mp3.
  • Jika burung belum pernah dilombakan atau belum berpengalaman maka setiap seminggu sekali sebaiknya burung diajak ke arena lomba meski bukan untuk dilombakan namun untuk melatihnya beradaptasi dengan suasana dan suara-suara burung kolibri lain yang ramai berbunyi.
  • Membiasakan memberi kerodong pada siang hingga sore harinya, dan dilanjutkan dengan penjemuran pada sore hari.
  • Agar burung kolibri ninja bisa tampil lebih maksimal maka dalam perawatannya bisa ditambahkan dengan BirdSlim. BirdSlim memiliki manfaat mencegah kegemukan, menambah stamina terutama untuk burung yang kurang ngotot.
Burung-madu atau kolibri memang sangat menarik untuk dipelihara karena mempunyai suara kicauan dan gaya tarung yang sangat bagus, namun perlu diingat bahwa penangkapan berlebihan terhadap spesies burung-madu ini bisa mengakibatkan terganggunya ekosistem hutan. Karena itu diperlukan kemauan banyak kicaumania untuk memulai upaya penangkaran dan hanya memelihara burung hasil tangkaran saja, dengan begitu kelangsungan spesies ini di alam akan tetap terjaga.


Semoga bermanfaat
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait