Tips singkat agar kenari lebih rajin berbunyi

2/19/2016
Perawatan kenari terbilang sangat sederhana, yaitu cukup memperhatikan pola rawatan hariannya seperti mandi, jemur, pakan dan kebersihannya. Jika hal-hal tersebut dilakukan dengan benar maka burung pun akan menjadi lebih rajin berkicau.   



Mandi

Mandi pada burung kenari bisa diberikan setiap pagi dengan cara disemprot hingga basah menggunakan sprayer / semprotan untuk mandi burung. Selain itu juga bisa menggunakan bak mandi plastik yang dimasukkan ke dalam sangkarnya. 

Jemur 
 
Untuk mencegah bulu mudah kering dan rusak, setelah dimandikan burung jangan langsung dijemur di bawah terik matahari melainkan di angin-anginkan dahulu di tempat teduh. Setelah bulu-bulu mulai mengering, barulah anda bisa menjemurnya di bawah panas matahari selama 1 - 2 jam.  Sebaiknya hindari menjemur burung pada waktu tengah hari, atau di atas pukul 10 siang.  

Pada sore harinya jika ada matahari bersinar, burung kenari tersebut bisa kembali dijemur selama 30 menit, setelah itu dibiarkan beristirahat. 

Pakan 

Pemberian pakan sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Memberi terlalu banyak makanan pada burung kenari cenderung membuat burung lebih banyak makan ketimbang aktif bergerak maupun berkicau. Selain itu juga bisa mengakibatkan kegemukan. 

Pakan sebaiknya diberikan secukupnya saja pada pagi hari, dan menjelang siang pakan biji-bijiannya dicabut lalu hanya disuguhi sepotong kecil apel dan sayurannya saja. Pada sore harinya, pakan biji-bijian kembali dimasukkan dan menjelang istirahat pakan tersebut kembali diangkat dan burung hanya diberikan pakan berupa buah dan sayurannya saja. Telur rebus sebaiknya diberikan setiap beberapa hari sekali untuk menghindarkan burung dari dampak kegemukan. 

Dengan cara tersebut, burung kenari akan menjadi lebih aktif serta lebih rajin berbunyi.  

Kebersihan 

Menjaga kebersihan penting terutama agar kenari tetap terjaga kondisinya. sangkar yang kotor cenderung menjadi sarang beragam bakteri jahat dan parasit seperti tungau merah atau kutu yang bisa mengganggu burung. 

Kalau burung sudah terinfeksi oleh tungau atau kutu, boro-boro mau berbunyi setiap menitnya si burung pasti terganggu oleh ulah si kutu yang nakal.  
Karena itu sebagai pencegahan, sebaiknya sangkar harus rutin dibersihkan setiap hari yaitu pada pagi dan sore harinya.

Demikian tips singkat bagaimana membuat kenari lebih rajin berbunyi. 

Salam kicau!


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus